Yamaha

Satgas Sebut Pemerintah Hanya Tanggung Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di RS Rujukan

  Kamis, 01 Oktober 2020   Budi Cahyono
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengemukakan, semua biaya perawatan dan pengobatan pasien Covid-19 ditanggung oleh pemerintah.

Namun, Wiku menambahkan, biaya yang ditanggung yakni untuk perawatan pasien Covid-19 di RS rujukan yang sudah ditunjuk pemerintah.

AYO BACA : Tambah 4.182, Total Positif Covid-19 di Indonesia 291.182 Kasus (Update 1 Oktober 2020)

Penegasan Wiku tersebut untuk merespons keluhan masyarakat yang dimintai biaya perawatan Covid-19 di rumah sakit.

"Jadi pemerintah menanggung biaya perawatan pasien Covid, dan ini tentunya hasil rujukan dari puskesmas atau rumah sakit kepada RS rujukan Covid-19. Jadi pasien yang dirawat di RS swasta kalau bukan bagian dari RS rujukan tentunya belum bisa ditanggung," kata Wiku dalam keterangan pers di kantor presiden, Kamis (1/10/2020). 

AYO BACA : Pekan Depan, Green Hotel Bekasi Beroperasi sebagai Tempat Isolasi OTG

Solusinya, ujar Wiku, pasien harus dirujuk ke RS rujukan Covid-19 agar bisa mendapat perawatan gratis. RS rujukan ini pun tidak hanya terdiri dari RS pemerintah tetapi juga RS swasta. 

Terkait moda transportasi pasien Covid-19 ke RS rujukan atau puskesmas, Wiku menyebutkan, pemerintah pun menyediakan ambulans khusus. Untuk mendapat layanan ini, prinsipnya tetap sama, yakni pasien atau pihak keluarga serta kerabat perlu menghubungi RS rujukan atau puskesmas terdekat. 

"Jadi Silakan menghubungi RS terdekat agar bisa dilakukan penjemputan dan dirawat dengan baik, tanpa memberikan risiko kepada pihak lain dengan kendaraan yang mungkin tidak didesain untuk membawa pasien dengan gejala Covid," kata Wiku.

AYO BACA : Kasus Positif Covid-19 Depok Bertambah 66 Orang, Sembuh 74 Orang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar