Yamaha

PENDAFTARAN PRAKERJA GELOMBANG 11: Jadi Trending di Google Trends, Sambil Menunggu, Pelajari Cara Daftar Biar Lolos Seleksi

  Senin, 05 Oktober 2020   Eries Adlin
PENDAFTARAN PRAKERJA GELOMBANG 11: Jadi Trending di Google Trends, Sambil Menunggu, Pelajari Cara Daftar Biar Lolos Seleksi/ilustrasi

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 11 masih belum jelas apakah akan berlangsung atau tidak. Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah apakah program bantuan Kartu Prakerja yang sudah berlangsung sampai dengan gelombang 10 itu akan berlanjut. Sambil menunggu, tidak ada salahnya mempelajari cara daftar ikutan program tersebut biar lolos seleksi.

Dari penelusuran Ayojakarta, banyak warga yang menunggu informasi kapan pembukaan pendaftaran prakerja gelombang 11 dilakukan. Trafik Google Trends, fitur yang disediakan mesin pencari Google yang berfungsi menyajikan tren pencairan kata-kata kunci tertentu, memperlihatkan pencairan tentang kapan pengumuman pendafataran Kartu Prakerja gelombang 11 menjadi trending pada Senin 5 Oktober 2020.

Ayojakarta juga beberapa kali mendapatkan pertanyaan tentang apakah pemerintah akan melanjutkan program tersebut dan kapan pengumuman pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11.

Sampai berita ini diturunkan, kepastian apakah program Kartu Prakerja akan berlanjut ke gelombang 11 masih belum dirilis oleh Pemerintah. Secara resmi, program bantuan pemerintah berupa Kartu Prakerja memang hanya sampai gelombang 10 dengan kuota sekitar 5,6 juta peserta.

Meski begitu, informasi yang didapat dari sumber Ayojakarta, kemungkinan besar program Kartu Prakerja gelombang 11 akan dilanjutkan. Proses tersebut tinggal menetapkan berapa besar dana yang akan dikucurkan dan selanjutnya meminta persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja resmi mengumumkan hasil akhir dari seleksi Kartu Prakerja gelombang 10 hari ini, Jumat 2 Oktober 2020. Gelombang 10 di tutup pada Senin 28 September 2020 dengan hanya menerima 116.261 peserta saja.

Sinyal kemungkinan program Kartu Prakerja dilanjutkan ke gelombang 11 masih terbuka. Hal itu pernah disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Dia mengatakan kelanjutan Kartu Prakerja dan bantuan subsidi upah pada 2021 merupakan dukungan untuk membangun sumber daya manusia berkualitas dan mempunyai daya saing.

“Pemerintah pada 2021 akan melanjutkan pelaksanaan program perlindungan sosial melalui PKH, Kartu Sembako, dan melanjutkan pemberian bansos tunai,serta melanjutkan pelaksanaan program kartu prakerja,” kata Ani, panggilan akrab Sri Mulyani dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1 September 2020).

Lebih lanjut, kata Ani, berdasarkan pada penanganan Covid-19, pemerintah akan melakukan penguatan pelaksanaan program perlindungan sosial. Hal ini guna mempercepat penurunan kemiskinan akibat pandemi Covid-19, dengan melaksanakan reformasi sistem perlindungan sosial.

Jadi, ditunggu saja apakah pemerintah melansir pengumuman pendaftaran Prakerja gelombang 11 pada waktu dekat.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Berikut Ayoakarta lampirkan tata cara pendaftaran program Kartu Prakerja yang berjalan dari gelombang 1 sampai dengan gelombang 9:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

• Cek email masuk dari kartu prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang **' (jika sudah dibuka)'.

Jika lolos, peserta harus menunggu hingga beberapa hari sampai berhasil mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo sebesar Rp 1 juta di dashboard mereka.

Jika sudah, penerima Kartu Prakerja wajib membeli pelatihan dengan saldo yang sudah terisi. Penerima wajib melakukan transaksi pelatihan dalam kurun waktu 30 hari setelah saldo sebesar Rp1 juta masuk ke dashboard. Jika tidak, maka saldo tersebut akan hangus dan uang dikembalikan ke rekening Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Berikut ini beberapa pertanyaan seputar pelaksanaan Kartu Prakerja berikut jawabannya seperti dilansir laman resmi program tersebut, prakerja.go.id:

Status lolos atau tidak lolos Kartu Prakerja

Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

JIka tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu. Jika gagal seleksi Gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Tidak Lolos” pada dashboard akun kamu.

Jika saya kehabisan kuota, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya.

Tes & Seleksi Gelombang

Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Iya, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?

Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit dengan 18 soal. Kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Ada berapa banyak soal tes?

Total soal Tes Motivasi & Kemampuan Dasar adalah 18 soal.

Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?

Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Untuk cara daftar di program Kartu Prakerja gelombang 10, kalian bisa simak penjelasan Instagram @prakerjagoid yang dilansir sebelum  pembukaan gelombang 9:

Gelombang 9 Kartu Prakerja telah dibuka! Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik ‘Gabung’ ke Gelombang 9 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara daftar:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq

Yuk, buat akun Kartu Prakerja, gabung ke Gelombang, dan jadilah yang #SiapDariSekarang!

Jadi, ditunggu saja apakah pemerintah melansir pengumuman pendaftaran Prakerja gelombang 11 pada waktu dekat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar