Yamaha

Cegah Banjir Kian Meluas, 511 Meter Kubik Sampah Kali Ciliwung Diangkut

  Senin, 05 Oktober 2020   Aini Tartinia
sebagai ilustrasi. Banjir menggenangi Jakarta Minggu (4/10/2020) petang/ Republika

CILILITAN, AYOJAKARTA.COM – Mencegah meluasnya banjir, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengangkut sampah dari aliran Kali Ciliwung. Sejak Minggu, 4 Oktober 2020 hingga siang hari ini, Senin. Sudah ada sebanyak 511 meter kubik sampah diangkut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan , pihaknya mengerahkan personel dan alat berat siaga 24 jam karena intensitas hujan yang tinggi kemarin. Penanganan sampah dilakukan di Pintu Air Manggarai, Banjir Kanal Barat (BKB) Season City, dan daerah Jembatan Kampung Melayu.

“Kami lakukan antisipasi dan penanganan sejak kemarin untuk memastikan aliran lancar dan bersih dari sampah. Penanganan sampah di tiga lokasi itu sementara sudah selesai,” ujar Andono dilansir beritajakarta.id, Senin (5/10/2020).

AYO BACA : 286 Meter Kubik Sampah Diangkut Usai Jakarta Direrjang Banjir

Andono mengatakan, total volume sampah yang diangkut di tiga lokasi itu sebanyak 511 meter kubik hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan, jumlah personel yang dikerahkan di tiga lokasi tersebut sebanyak 65 personel, enam unit alat berat, dan 19 unit armada lainnya.

“Pengangkutan sampah menggunakan dump truck tipper kecil dan besar, tronton, dan carry. Total 26 rit,” ujarnya.

Dari BKB Season City, 23,2 ton sampah diangkut. Petugas yang dikerahkan 10 orang dengan dua alat berat dan tiga dump truck besar. Selain itu, 1,47 ton sampah diangkut dari Kali Ciliwung Jembatan Kampung Melayu. Lima petugas diterjunkan dengan satu alat berat dan satu mobil angkut.

Hujan deras melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu sore, 4 Oktober 2020. Air kiriman dari Depok, Jawa Barat, membuat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda banjir hingga siang hari ini.
\n 
\nSekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Dudi Gardesi, menuturkan kiriman air membuat Kali Krukut meluap. Kondisi ini menyebabkan sejumlah kelurahan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tergenang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar