Yamaha

Anies Khawatir Demo Tolak Omnibus Law Jadi Klaster Penularan Covid-19

  Kamis, 08 Oktober 2020   Khoirur Rozi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa demonstrasi yang menolak Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam. [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

MENTENG, AYOJAKARTA.COM -- Demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja sudah berlangsung selama tiga hari di berbagai wilayah, termasuk Jakarta. Sekitar Ratusan ribu massa dari berbagai elemen datang ke Ibu Kota untuk menyampaikan aspirasi tersebut.

Demonstrasi ini memicu berkumpulnya massa di beberapa titik. Di masa pandemi Covid-19 ini, kerumunan massa dikhawatirkan memicu penularan virus. Terlebih, DKI Jakarta menjadi wilayah zona merah dengan kasus terbanyak se-Indonesia.

AYO BACA : Ademkan Suasana di Bundaran HI, Anies Nyanyikan Lagu Bagimu Negeri Bareng Mahasiswa

Kekhawatiran itu datang dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut Anies, kerumunan massa sangat berisiko terjadi transmisi virus Covid-19.

"Tentu, tadi saya sampaikan ini sangat berisiko. Makanya tadi saya minta kembali ke rumah masing masing dan sekarang Alhamdulillah sudah bubar," kata Anies usai menemui demonstran di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam.

AYO BACA : Ikuti Jejak Ridwan Kamil, Anies Baswedan Temui Demonstran dan Berjanji Teruskan Aspirasi ke Pemerintah Pusat

Gubernur Anies tidak melarang adanya penyampaian aspriasi oleh masyarakat. Namun dia mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, terutama memakai masker.

"Yang jelas saya sangat khawatir soal potensi penularan akibat kerumunan. Maka dari itu pakai masker. Saya tidak ingin yang merasa dirinya pejuang justru pulang ke rumah malah sakit, semua harus sehat," ungkapnya.

Selain itu, Anies juga mengingatkan agar penyampaian aspirasi dilakukan dengan tertib. Menjaga ketertiban umum menurutnya sebagai bentuk tanggung jawab warga negara yang baik.

"Jalankan dengan sebaik-baiknya, jalankan dengan tertib, siap tertib? siap sampai rumah dengan selamat? Kita harus buktikan bahwa kita adalah orang yang kata-katanya bisa dipercaya. Ketika mengatakan akan tertib, tunjukkan tertib itu," ujar Anies.

AYO BACA : 209 Peserta Aksi di Bandung Diamankan, 13 Reaktif Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar