Yamaha

Sudah Terdaftar di Pendataaan KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020. Kapan Cair? Sabar, Verifikasi Dulu!

  Jumat, 09 Oktober 2020   Aini Tartinia
ilustrasi pendistribusian KJP/ Suara.com

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbaharui mekanisme pendataan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus Tahap2 Tahun 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperbaharui sistem mekanisme pendataan KJP Plus menjadi lebih sederhana.

Sesuai rangkaian mekanisme pendataan, terhitung sejak 1 Oktober 2020 hingga 8 Oktober 2020 ialah tahap awal Dinas Pendidikan mengumumkan data calon penerima sementara yang berasal dari Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta melalui sekolah.

“Dengan Hormat, Diberitahukan kepada para kepala SMA/SMK/MA/PKBM untuk mengumumkan daftar sementara calon penerima KJMU Tahap 2 Tahun 2020 di website sekolah masing-masing atau media elektronik lainnya selama 6 hari kerja mulai tanggal 8 sampai dengan 15 Oktober 2020. Pengumuman yang diinformasikan cukup mencatumkan Nama Calon Penerima dan Perguruan Tinggi saja. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih,” tulis kjp.jakarta.go.id pada menu website Pengumuman Pendataan KJP Plus.

Namun, banyak masyarakat yang memepertanyakan pencairan KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020 setelah mengetahui nama putra atau putrinya terdaftar sementara sebagai calon penerima yang diberitahukan oleh pihak sekolah masing-masing.

AYO BACA : Menulis Kaligrafi Tiongkok Mengajarkan Kesabaran dan Keseimbangan Jiwa

Jadi, setelah nama murid terdaftar sementara sebagai calon penerima KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020, sesuai mekanisme tahapan baru yang ditetapkan, calon penerima melengkapi berkas melalui sekolah yang terdiri dari :

1. Surat Permohonan + KK + KTP (dijadikan satu file)

2. Surat Pernyataan Ketaatan

3. Scan berkas tersebut dan upload atau dikirimkan ke link yang disediakan oleh pihak sekolah

AYO BACA : PENCAIRAN BLT PEGAWAI HONORER: Pastikan Rekening di Simpatika Aktif! Lalu, Pelajari Alur Pencairan Ini

Nah, setelah selesai melengkapi berkas melalui sekolah masing-masing, kemudian kelengkapan berkas nama putra atau putri kalian sebagai calon penerima bakal diverifikasi terlebih dahulu. Tahapan ini berlangsung pada hari ini sampai dengan 12 Oktober 2020.

Selama 4 hari berkas kalian melewati proses verifikasi, tiga hari kemudian yakni dari 13 Oktober 2020 sampai dengan 15 Oktober 2020 adalah tahapan terakhir yaitu data final penerima ditetapkan.

Jika kalian lolos mendapatkan kartu KJP Plus dari Pemprov DKI, pemberian dana biasanya dibagi dua yakni dana rutin dan dana berkala. Dana rutin dapat dipergunakan mulai tanggal 1 hingga 3 setiap bulan dan Dana Berkala dapat mulai digunakan untuk belanja keperluan sekolah pada libur semester

Namun, kebijakan itu diubh selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Seluruh dana yang diberika bisa ditarik tunai.

Dana berkala juga diberikan tiap bulan, bersamaan dengan dana rutin.

Misalnya, siswa SD biasanya mendapatkan dana rutin Rp135 ribu per bulan, Rp100 ribu bisa ditarik tunai. Sementara itu, sisanya untuk belanja pangan murah secara non-tunai. Kini, dana Rp135 ribu itu bisa ditarik tunai seluruhnya.

Tapi ingat, gunakan dana rutin dan dana berkala untuk kebutuhan pangan, kebutuhan kesehatan, dan kebutuha pendidikan, ya. Jangan gunakan dana tersebut di luar kebutuhan yang telah ditentukan. Gunakan manfaat bantuan KJP Plus secara bijak.

AYO BACA : PENERIMA KARTU PRAKERJA GELOMBANG 7: Waktumu Tinggal 1 Hari Lagi Untuk Beli Pelatihan Pertama!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar