Yamaha

Keracunan Nasi Kuning Hajatan di Tasikmalaya, Jumlah Korban Terus Bertambah

  Jumat, 09 Oktober 2020   Budi Cahyono
Korban dirawat di tenda darurat BPBD Kota Tasikmalaya, Jumat, (9/10/2020) (Heru/Ayotasik)

AYO BACA : Hadiri Hajatan, Ratusan Orang Keracunan Nasi Kuning di Tasikmalaya

AYO BACA : Usai Demo Berujung Ricuh, Gedung DPR Masih Dijaga Ketat Polisi

TASIKMALAYA, AYOJAKARTA.COM -- Korban keracunan nasi kuning di Kampung Cilangge, Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya diprediksi jumlahnya bisa mencapai 500 orang. Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Puskesmas Mangkubumi Arif Prianto, Jumat (9/10/2020).
\n
\n\"Korban masih terus berdatangan ke pusat penanganan di Puskesmas Mangkubumi. Jika tamu undangan yang datang ke hajatan ulang tahun sekitar 100 orang dengan estimasi anggota satu keluarga yang makan nasi kuning 4 sampai 5 orang, diperkirakan korban bisa mencapai 500 orang,\" ujar Arif.
\n
\nSampai saat ini data korban yang baru tercatat sekitar 171 orang belum lagi ditambah yang berobat ke dokter swasta dan klinik swasta. Sebagian korban yang sudah mendapatkan penanganan medis dan kondisinya berangsur membaik sudah ada yang diperbolehkan pulang. 
\n
\n\"Penanganan pertama dalam mengatasi keracunan massal ini cepat dan serentak. Kita upayakan untuk menghindari korban dehidrasi dengan memberikan cairan infus dan obat diare,\" ucap Arif.
\n
\nDari 171 korban yang terdata, 102 sakit ringan, 50 sakit sedang, dan 19 sakit berat. Sementara itu yang dirawat di Puskesmas Mangkubumi sebanyak 43 orang, Puskesmas Karang Anyar 4 orang, satu orang di klinik swasta, dan yang sudah pulang atau sembuh sebanyak 104 orang.
\n
\n\"Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Mangkubumi hanya korban yang sakit ringan. Tenaga medis yang merawat ada 9 orang, 2 orang dokter, 6 perawat, dan 3 tenaga farmasi, tambah Arif.
\n
\nSampai saat ini korban msih berdatangan ke pusat penanganan korban keracunan nasi kuning di Puskesmas Mangkubumi. (Heru Rukanda)

AYO BACA : Sampah Sisa Demonstrasi Capai 800 Kg

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar