Yamaha

PWI Tasikmalaya Minta Kasus Perampasan HP Wartawan di Sukabumi Diusut Tuntas

  Jumat, 09 Oktober 2020   Budi Cahyono
Ketua Perwakilan PWI Tasikmalaya, Firman Suryaman. (Heru Rukanda/Ayotasik.com)

TASIKMALAYA, AYOJAKARTA.COM -- Perampasan HP milik kontributor Tribun Jabar Fauzi Noviandi oleh seseorang berpakaian preman dan menghapus foto serta video hasil liputan di Kota Sukabumi menuai protes wartawan di Kota Tasikmalaya.

Ketua Perwakilan PWI Tasikmalaya, Firman Suryaman mengatakan, aksi perampasan HP hingga menghapus foto serta video hasil liputan jelas melanggar UU Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999.

AYO BACA : Liput Demo, Jurnalis Alami Tindak Kekerasan Oleh Aparat

“Dalam pasal 4 dijelaskan, bahwa wartawan memiliki hak mencari dan menyebarluaskan sebuah peristiwa,” ujar Firman. Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut Firman menegaskan, di pasal 5 disebutkan bahwa masyarakat berhak mendapatkan informasi yang akurat dari sebuah peristiwa.

AYO BACA : AJI dan LBH Pers Kecam Kekerasan Jurnalis saat Liput Demo Omnibus Law Ciptaker

"Ulah oknum yang melakukan perampasan HP yang di dalamnya terdapat hasil liputan berupa foto dan video jelas-jelas sudah melanggar UU Pers. Bahkan di dalam pasal 18 disebutkan, setiap orang yang menghalangi kegiatan peliputan wartawan dapat dikenai sanksi pidana,” ucap Firman.

Firman meminta pihak berwenang mengusut kasus tersebut agar kejadian serupa tidak kembali terjadi kepada para awak media yang sedang melaksanakan tugasnya di lapangan. Dia pun memberikan dukungan moril bagi korban yang pada saat kejadian sedang bertugas meliput aksi unjuk rasa menolak Undang - Undang Omnibus Law atau UU Cipta Kerja di Kota Sukabumi.

"Saya khawatir peristiwa serupa kembali terulang, sehingga kasus ini harus diusut tuntas,”ucap Firman.

Firman menambahkan, kejadian yang menimpa kontributor Tribun Jabar Fauzi Noviandi menjadi pelajaran bagi semua teman-teman wartawan, dan mengimbau agar selalu bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik (KEJ). (Heru Rukanda)

AYO BACA : Jurnalis Korban Kekerasan Oknum Polisi Lapor ke Polda Sulsel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar