Yamaha

Dibanderol Ratusan Juta, Ini Keistimewaan Tanaman Janda Bolong

  Sabtu, 10 Oktober 2020   Budi Cahyono
Tanaman hias janda bolong (iStockphoto/Firn)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Tanaman janda bolong tengah menjadi buah bibir di kalangan pecinta tanaman hias Tanah Air. Bahkan, tanaman ini dibanderol hingga Rp100 juta di e-commerce.

Asal tahu saja, janda bolong terdiri dari tiga jenis, yakni: janda bolong regular (nirvarigata) dengan rentang harga ratusan ribu rupiah, janda bolong varigata dengan rentang harga puluhan juta rupiah, dan janda bolong obliqua yang harganya paling mahal--karena ada nilai estetika pada daunnya.

Spekulasi para peneliti lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong.

Berikut ini adalah beberapa hal istimewa yang akan membuat harga janda bolong mahal.

Warna dan daunnya mewah

AYO BACA : Harga Janda Bolong Melambung Tinggi, di E-Commerce Dibanderol Rp100 Juta

Daun janda bolong terlihat kemilau, hal ini yang tampak mewah. Sehingga bila dipandang menimbulkan rasa senang dan berkesan.

Monstera dikenal mampu mendatangkan atmosfer kesejukkan hutan tropis ke dalam ruangan.

Warnanya hijau pekat dan permukaannya mengkilap. Namun yang membuat monstera semakin menarik hati adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari.

Mudah dirawat

Berbeda dari tanaman tropis kebanyakan yang memerlukan cahaya matahari yang berlimpah, monstera justru cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami.

AYO BACA : Mulai Jadi Primadona, Janda Bolong Diburu Pecinta Tanaman di Tasikmalaya

Janda bolong juga tahan ditempatkan di area dengan pendingin ruangan. Jadi tak repot-repot memindahkan monstera dari dalam ke luar ruangan hanya demi mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Rata-rata suhu ruangan ideal untuk monstera adalah 23-30 derajat Celcius untuk siang hari. Dan di malam hari sebesar 15 derajat Celcius.

Monstera dapat diperbanyak dengan teknik stek batang . Cara memperbanyaknya dapat dilakukan dengan teknik vegetatif sederhana, yaitu stek batang.

Memperbaiki kualitas udara

Monstera juga dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan. Daun monstera yang lebar mempunyai lapisan seperti lilin yang bisa menangkap debu. Hal ini membuat suasana rumah bisa menjadi lebih bersih.

Monstera juga bisa memunculkan kelembapan yang baik pada ruangan sehingga suasana di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu kering.

AYO BACA : Menulis Kaligrafi Tiongkok Mengajarkan Kesabaran dan Keseimbangan Jiwa

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar