Yamaha

JAKARTA PSBB TRANSISI: Resepsi Pernikahan Dilarang!

  Selasa, 13 Oktober 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi pernikahan di era pandemi/ Republika

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Masa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi fase II di DKI Jakarta masih melarang warga yang akan melakukan resepsi pernikahan lantaran menimbulkan kerumunan. Itu diungkapkan Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Bambang Ismadi.

Bambang mengatakan, dalam melangsungkan pernikahan hal yang boleh dilakukan yakni akad maupun pemberkatan pernikahan dengan dihadiri maksimal 30 orang.

AYO BACA : Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Kota Bogor Terkumpul Rp 45 Juta

"Kalau resepsi yang pasti belum diizinkan, kalau akad nikah kan maksimal 30 orang," kata Bambang saat dikonfirmasi, Senin (12/10/2020).

Meskipun resepsi belum boleh dilakukan, Pemprov DKI mengizinkan bioskop untuk kembali beroperasi dengan sejumlah persyaratan.

AYO BACA : Marak Klaster Corona Pernikahan, Nekat Gelar Resepsi Tak Segan Dibubarkan!

Menurut Bambang, keduanya memang sapat menimbulkan kerumunan orang dalam jumlah banyak. Namun, ia mengatakan, bioskop lebih mudah diatur dan mobilitas orang juga lebih sedikit.

"Resepsi belum boleh, kenapa kalau bioskop boleh? Karena mereka mudah diatur dengan duduk, enggak kemana-mana, tapi kalau orang nikah kan jalan-jalan ke mana-mana. Itu yang dikhawatirkan, makanya yang boleh baru akad nikah," jelas dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan PSBB transisi yang berlaku mulai 12-25 Oktober 2020. Ada beberapa pelonggaran yang dilakukan bagi kalangan usaha, dari pembukaan kembali bioskop hingga pengunjung restoran diperbolehkan makan di tempat atau dine in.

Untuk bioskop, hanya diizinkan buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen. Namun, ada sejumlah prosedur yang harus dilalui agar pengelola bisa membuka kembali bioskopnya. Manajemen bioskop harus mengajukan proposal permohonan persetujuan untuk membuka usahanya yang ditujukan kepada Dinas.

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Klaster Pernikahan Jadi Teror Baru di Jakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar