Yamaha

LIVE MANCHESTER CITY VS ARSENAL: Liga Inggris 17 Oktober (Jadwal, Preview & Prediksi, Hasil, Gol, Skor, Live Mola TV)

  Kamis, 15 Oktober 2020   Eries Adlin
Pelatih Manchester City Pep Guardiola/uefa.com

TEBET, AYOJAKARTA.COMBig match Manchester City vs Arsenal, sesuai jadwal Liga Inggris, akan berlangsung Sabtu 17 Oktober 2020 pukul 23.30 WIB. Pertandingan tersebut akan disiarkan live oleh Mola TV. Beberapa preview dan prediksi pertandingan sudah dilansir oleh media Inggris dan laman resmi masing-masing klub.

JALANNYA PERTANDINGAN: (menunggu)

UPDATE MANCITY.COM

Meski sudah sembuh dari cedera, Pep Guardiola akan menunggu hingga Sabtu pagi sebelum memutuskan apakah Sergio Aguero cukup fit tampil saat melawan Arsenal.

Striker asal Argentina itu absen karena cedera lutut sejak Juni, tetapi telah kembali berlatih bersama rekan-rekannya selama seminggu dan Guardiola mengaku terkesan dengan kemajuannya.

“Besok kami akan berlatih di pagi hari dan memutuskan apakah dia fit,” kata pelatih City pada konferensi pers prapertandingan Jumat.

“Aguero telah berlatih dengan sangat baik beberapa hari terakhir tetapi kami tidak bisa melupakan dia absen selama tiga atau empat bulan. Kami lihat (nanti).”

Pep juga membahas kebugaran Raheem Sterling, performa Bernardo Silva, dan apa yang dia pelajari tentang Arsenal di kekalahan semifinal Piala FA musim lalu.

Pemain sayap lincah Manchestar City, Raheem Sterling, merasa sudah pulih dari cedera hamstring yang membuatnya batal tampil membela tim nasional Inggris awal bulan ini. Dia mengaku harus fit untuk untuk merumput di laga Manchester City vs Arsenal.

Sterling mengundurkan diri dari tim nasional Inggris menjelang pertandingan internasional pada awal Oktober sebagai tindakan pencegahan setelah dia melaporkan ada sedikit masalah pada hamstringnya.

Sterling mengatakan jadwal yang padat, disebabkan oleh akhir musim di 2019/20 dan awal yang cepat di musim 2020/21, membuat hampir tidak ada istirahat dan sedikit persiapan pramusim bagi para pemain.

“Saya tidak dalam kondisi terbaik dan saya mengalami sedikit gangguan dengan hamstring (saat hendak membela tim nasional Inggris). Kini saya lebih bugar dan merasa baik-baik saja untuk bermain melawan Arsenal.”

De Bruyne Absen

Kevin de Bruyne dipastikan absen dalam laga Manchester City vs Arsenal pada Sabtu 17 Oktober 2020. Sang gelandang, yang mundur dari skuad Belgia lebih awal, telah kembali dari jeda internasional karena cedera.

Pep Guardiola mengatakan dia belum tahu berapa lama De Bruyne akan absen, Namun, dia mengaku dia tidak khawatir dengan pemain City lainnya yang berlaga di pertandingan internasional.

“Semua orang kembali (dari jeda internasional) sedikit lebih baik dari waktu sebelumnya karena Cancelo, Bernardo (Silva) dan lainnya cedera dan tidak bisa bermain di awal musim,” kata pelatih City itu pada konferensi pers pra-pertandingan.

“Sayangnya, Kevin absen, namun pemain lainnya kembali dengan baik. Saya rasa itu tak terlalu berat. Di pertandingan berikutnya saya pikir dia akan absen."

City juga masih akan tanpa Gabriel Jesus ketika tim Mikel Arteta mengunjungi Stadion Etihad. Pemain Brasil itu telah absen karena masalah otot sejak kemenangan hari pembukaan kami atas Wolves dan Guardiola tidak mau mengambil risiko memainkannya ketika dia tidak fit sepenuhnya.

“Ada cedera pada beberapa otot di mana Anda dapat mengambil risiko, tetapi ada yang lain di mana Anda tidak bisa melakukannya,” tambah Pep Guardiola.

“Jesus mengalami cedera di bagian kakinya di mana jika dia semakin cedera. Dia bisa absen untuk waktu yang lama. Saya tidak tahu apakah dia akan bisa kembali saat pertandingan Liga Champions.”

PREVIEW KLUB

Striker Sergio Aguero kembali berlatih tetapi diperkirakan tidak cukup fit untuk tampil di pertandingan Manchester City vs Arsenal. Aguero mengalami cedera lutut dan harus menjalani operasi. Sementara itu Oleksandr Zinchenko juga tetap berada di lini depan.

Penyerang asal Argentina ini tidak merumput yang sejak 22 Juni setelah cedera lutut yang dialaminya saat pertandingan Man City vs Burnley yang berakhir dengan skor 5-0 musim lalu. Aguero absen dalam pertandingan babak knockout Liga Champions saat City menghadapi Real Madrid dan Lyon. Dia juga absen pada awal musim ini.

Dengan Liga Inggris yang libur karena pertandingan tim nasional, Aguero dipandang akan lebih bugar sehingga kemungkinan bisa duduk di bangku cadangan saat pertandingan Man City vs Arsenal yang sesuai jadwal akan berlangsung pada 17 Oktober.

Masih harus dilihat apakah Raheem Sterling (cedera hamstring) dan Gabriel Jesus telah pulih selama jeda internasional. Hal yang sama juga dialami Ilkay Gundogan yang perlu memulihkan kebugarannya setelah dinyatakan positif Covid-19.

Manchester City akan menyambut kembali kehadiran Joao Cancelo yang lepas dari persoalan di kakinya. Cedera itu membuatnya absen dalam pertandingan pembukaan City. Cancelo sudah bermain untuk Portugal pekan lalu.

Arsenal tidak akan diperkuat Gabriel Martinelli dan Calum Chambers (keduanya mengalami persoalan dengan lutut), Pablo Mari (pergelangan kaki) dan Shkodran Mustafi (hamstring).

Laga Manchester City vs Arsenal kemungkinan juga menjadi debut pemain asal Ghana, Thomas Partey, di Liga Inggris. Midfielder berusia 27 tahun yang sebelumnya membela Atletico Madrid ini disebut-sebut akan menggunakan nomor  punggung 18.

Kehadiran Partey membuat pelatih Arsenal Mikel Arteta memiliki kesempatan untuk melakukan beberapa perubahan formasi tim sesuai dengan kebutuhan.

“Kehadiran Partey membuat kami dapat memainkan formasi yang berbeda dan dia bisa menyesuaikan dengan formasi itu di posisi yang berbeda. Ini merupakan hal yang sangat bagus dalam skuad di mana kami memiliki sedikit kekurangan di lini tengah,” kata Arteta setelah penandatanganan transfer Partey seperti dilansir mirror.co.uk.

“Kami percaya dia memiliki kualitas yang tepat, dengan karakter dan kepribadiannya dan juga dengan kualitas teknis serta pilihan posisi yang dapat dia berikan kepada tim,” papar Arteta.

Tinggal pertanyaannya, pemain yang dibeli dengan nilai £ 52,5 juta akan bermain dengan siapa di jantung lini tengah Arsenal? Arteta kemungkinan tetap menggunakan formasi 3-4-3 yang telah bekerja dengan sangat baik dalam 12 bulan pertama masa jabatannya.

Granit Xhaka, Mohamed Elneny dan Dani Ceballos semuanya telah dimainkan Arteta dalam beberapa pekan terakhir dengan berbagai kombinasi. Melihat kemenangan atas City di Wembley, Ceballos dipandang mampu menjadikan penghubung antara lini tengah dan depan.

Di belakang Partey, Arsenal sepertinya harus melakukan perubahan pada trio yang terlihat sangat menjanjikan. Kieran Tierney masih mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan rekan setimnya di Skotlandia yang dites positif virus Corona dalam jeda internasional.

Berikut ini kemungkinan formasi Arsenal dengan kehadiran Thomas Partey:

Arsenal (3-4-3): Leno; Memegang, Luiz, Gabriel; Bellerin, Partey, Ceballos, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang.

Ian Wright berharap melihat Thomas Partey berada di starting XI Arsenal saat bertandang ke Etihad Stadium menghadapi Manchester City akhir pekan ini. Menurut dia, gelandang itu memiliki kemampuan untuk 'mengolah bola' dan membuka pintu untuk Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette dalam serangan Arsenal.

Mantan striker legendaris Arsenal itu merasa Partey akan terbukti jauh lebih dari sekadar 'perusak' di lini tengah.

“Kita tidak sedang membicarakan tentang gelandang di mana orang-orang mungkin hanya memandang sebagai stopper, kemudian menyerang lantas mengoper bola ke pemain berikutnya. Orang ini bisa mengolah bolanya,” kata Wright.

AYO BACA : BLT UNTUK GURU HONORER: Kemendikbud Belum Tahu Update-nya! Gimana Dong?

Menurut penilaian striker The Gunners pada masanya itu, Arsenal sudah memiliki Dani Ceballos dan juga Granit Xhaka untuk menghasilkan umpan-umpan bagus.

“Namun, mereka jarang masuk lebih jauh (ke pertahanan lawan). Dan itulah yang akan dilakukan Thomas Partey. Dia akan membawa bola ke area yang bagus. Dia bisa berlari dengan bola dan mengoper bola. Mudah-mudahan dia bisa mengaktifkan sisi kanan seperti halnya sisi kiri Arsenal.”

Dalam pandangan Wright, Arsenal tidak bisa hanya mengandalkan seorang Aubameyang yang mampu mencetak dua gol dalam satu pertandingan, tetapi pada pertandingan lain tidak berbuat apa-apa karena diisolasi pemain lawan.

“Arsenal kini memiliki seorang gelandang yang bisa bersama seseorang seperti Willian dan semoga (Nicolas) Pepe akan terus menjadi lebih baik. Mereka bisa menciptakan peluang di lini pertahanan lawan.”

PREDIKSI (metro.co.uk)

Ada media Inggris yang menyebut dua pelatih yakni Pep Guardiola dan Mikel Arteta sebagai Guru dan Anak Magang. Namun, metro.co.uk melihat pertandingan tersebut akan menjadi permainan sepakbola yang indah antara dua tim papan atas Liga Inggris.

Arsenal terlihat semakin kuat di bawah Arteta musim ini dan terus tampil mengesankan di setiap pertandingan. Sementara itu, Manchester City yang tertatih-tatih di awal musim 2020/2021. Namun, semuanya bisa berubah. Citizens sangat membutuhkan kemenangan.

Satu hal lagi yang disorot Metro adalah kekalahan Arsenal 1-3 dari Liverpool. Pertandingan itu jelas merupakan ujian berat bagi The Gunners ketika harus menghadapi klub papan atas Liga Inggris.

Di sisi lain, jeda internasional yang menyebabkan Liga Inggris libur para pekan lalu memberikan waktu  istirahat yang cukup bagi Manchester City.

Metro memprediksi Manchester City lebih difavoritkan untuk memenangkan pertandingan mereka melawan Arsenal. Apalagi ada kemungkinan Tierney dan mungkin Aubameyang absen pada laga tersebut.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN (metro.co.uk)

MANCHESTER CITY

Line-up (4-3-3): Ederson; Walker, Ruben Dias, Laporte, Mendy; Fernandinho, Rodri, Foden; Mahrez, Sterling, Torres

Tidak bisa tampil: Zinchenko (cederaInjured)

Belum pasti: De Bruyne, Gundogan, Jesus, Sterling, Aguero

ARSENAL

Line-up (3-4-3): Leno; Holding, Gabriel, David Luiz; Bellerin, Dani Ceballos, Xhaka, Saka; Willian, Lacazette, Pepe

Tidak bisa tampil: Martinelli, Pablo Mari, Chambers, Mustafi, Smith Rowe, Sokratis, Tierney

Belum pasti: Aubameyang

KINERJA KLUB

Manchester City vs Arsenal menjadi ujian berat bagi pelatih Manchester Biru, Pep Guardiola. Citizen tidak memperlihatkan kinerja yang apik pada awal Liga Inggris musim 2020/2021. Hanya meraih empat poin dari tiga kali pertandingan dari hasil sekali menang dan sekali kalah. City kini berada di posisi 14 klasemen sementara Premier League.

Apalagi pada pertemuan terakhir, Juli lalu, The Gunners mampu mengalahkan Manchester City 2-0 di semifinal Piala FA yang digelar di Stadion Wembley. Saat itu, Arsenal sudah ditangani oleh pelatih Mikel Arteta. Menurut catatan, itulah kemenangan pertama Arsenal dari 8 kali pertemuan dengan Manchester City.

Laman resmi Citizens, mancity.com, memandang catatan 8 pertemuan Manchester City vs Arsenal itu menjadi modal untuk menghadapi pertandingan pada 17 Oktober. Namun itu bukan satu-satunya statistik yang membangkitkan rasa optimism di kubu Manchester Biru.

Catatan performa Manchester Biru setelah jeda internasional selama di bawah kepemimpinan Pep Guardiola juga sangat positif.

Sejak Pep Guardiola mengambil alih kursi pelatih, jeda di laga domestik tidak banyak mengganggu City, yang telah memenangkan 12 dari 15 pertandingan segera setelah pertandingan internasional sejak awal musim 2016/17.

Dalam periode itu, Manchester City hanya kalah sekali di laga pertama setelah jeda yaitu ketika melawan Norwich City 3-2 pada September 2019. Sebanyak 44 gol dicetak dengan rata-rata 2,93 per pertandingan, sementara mampu menjaga 7 clean sheet dan hanya kebobolan 11 kali.

Penampilan City di bawah Guardiola menjadi lebih mengesankan ketika difokuskan pada bagaimana keadaan Citizens dalam pertandingan setelah jeda internasional Oktober. Dalam empat pertandingan, Manchester Bitu mampu menang tiga kali dan sekali seri.

Dua kemenangan yang sangat berkesan, seperti ditulis www.mancity.com, adalah kemenangan 5-0 dari Burnley tahun 2018/19 dan kemenangan sensasional 7-2 atas Stoke City pada musim 2017/18.

Menurut catatan laman tersebut, ketika City menjadi subur setelah para pemain menghabiskan waktu bersama tim nasional mereka, performa Arsenal tidak terlalu mengesankan.

Dalam periode empat musim yang sama, The Gunners menang 8 dari 15 pertandingan yang mereka mainkan setelah jeda internasional. Bahkan, music lalu, mereka gagal memenangkan pertandingan pertama mereka setelah jeda di bulan September, Oktober dan November.

Arsenal bermain imbang 2-2 melawan Watford yang terdegradasi, diikuti oleh kekalahan 1-0 dari Sheffield United, dan hasil imbang 2-2 lainnya melawan Southampton.

Dengan catatan setelah jeda internasional itu, laman mancity.com menyebut Citizeb diharapkan tampil dengan performa yang oke setelah Kembali ke liga domestik.

Pep Guardiola tentu ingin menghentikan kritik pedas terhadap dirinya dengan pertandingan ini. Sebelum jadwal Man City vs Arsenal di pertandingan keempat, pelatih asal Spanyol ini di-bully habis para pecinta Manchester Biru. Manchester City kini menempati peringkat 14 di klasemen sementara Liga Inggris.

Manchester City baru mengumpulkan poin 4 dari tiga kali pertandingan di Liga Inggris. Sekali menang, sekali seri dan sekali kalah. Jadwal Man City vs Arsenal jelas menjadi pertaruhan besar bagi Pep dan tentu Man City.

Sementara itu Arsenal menempati peringkat keempat klasemen sementara Liga Inggris dengan 9 poin dari 4 laga dengan komposisi 3 kali menang dan sekali kalah. Satu-satunya kekalahan yang diderita anak asuh Mikel Arteta adalah saat bertandang ke Anfield. Mereka kalah 1-3 dari Liverpool.

PERTEMUAN TERAKHIR

Manchester City menderita kekalahan 2-0 dari The Gunners di semifinal Piala FA pada Juli, dengan Pierre-Emerick Aubameyang mencetak kedua gol tersebut di Stadion Wembley.

Kami memenangkan tiga dari lima pertandingan kami di semua kompetisi sebelum jeda internasional, menderita kekalahan melawan Leicester City dan bermain imbang dengan Leeds United di pertandingan terakhir kami sebelum laga domestik dihentikan.

Arsenal hanya kalah sekali dalam enam pertandingan pembukaan mereka. Satu-satunya kekalahan (1-3) dialami The Gunners ketika bertandang ke Anfield melawan Liverpool di Liga Inggris. Sekarang Arsenal berada di posisi keempat klasemen sementara Premier League.

AYO BACA : Cara Mudah Mencairkan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik Online

CATATAN PERTANDINGAN TERAKHIR

Manchester City bertandang ke markas Leed United. Hasil pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Hasil itu tentu tidak memuaskan bagi Pep Guardiola. Pasalnya, City baru menang sekali dan kalah sekali dalam dua pertandingan sebelumnya.

City lebih dulu unggul 1-0 lewat gol Raheem Sterling pada menit 17 yang melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang Leeds. Menit 59, Leeds berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat kaki Rodrigo yang berawal dari sepakan pojok.

Susunan pemain:

Leeds United: Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper; Kalvin Phillips; Helder Costa, Mateusz Klich (Davis 77'), Stuart Dallas, Ezgjan Alioski (Ian Poveda-Ocampo 46'); Patrick Bamford, Tyler Roberts (Rodrigo 56')

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (Nathan Ake 71'); Kevin De Bruyne, Rodri, Phil Foden; Riyad Mahrez (Fernandinho 77'), Raheem Sterling, Ferran Torres (Bernardo Silva 65')

Enam Pertandingan Terakhir

Man City

1 – 1 vs Leeds (AWAY) 3 Oktober 2020 Liga Inggris

3 – 0 vs Burnley (A) 30 September 2020 Carabao Cup

2 – 5 vs Leicester (HOME) 27 September 2020 Liga Inggris

2 – 1 vs B'mouth (H) 24 September 2020 Carabao Cup

3 – 1 vs Wolves (A) 21 September 2020 Liga Inggris

1 – 3 vs Lyon (H) 15 Agustus 2020 Liga Champions Perempat Final

Arsenal

2 – 1 vs Sheff Utd (H) 4 Okotober Liga Inggris

0 – 0 vs Liverpool (A) 1 Oktober 2020 Carabao Cup (menang adu penalti 5-4)

1 – 3 vs Liverpool (A) 28 September 2020 Liga Inggris

2 – 0 vs Leicester (A) 23 September 2020 Carabao Cup

2 – 1 vs West Ham (H) 19 September 2020 Liga Inggris

3 – 0 vs Fulham (A) 12 September 2020 Liga Inggris

JADWAL LIGA INGGRIS 17—19 OKTOBER 2020

Sabtu 17 Oktober

18:30 WIB: Everton vs Liverpool

21:00 WIB: Chelsea vs Southampton

23:30 WIB: Manchester City vs Arsenal

Minggu 18 Oktober

21:00 WIB: Newcastle Utd vs Manchester United

21:00 WIB: Sheffield Utd vs Fulham

20:00 WIB: Crystal Palace vs Brighton

22:30 WIB: Tottenham vs West Ham

Senin 19 Oktober

02:00 WIB: Leeds vs Wolves

21:00 WIB: Leicester vs Aston Villa

21:00 WIB: West Brom vs Burnley

Wasit: Chris Kavanagh

Asisten: Sian Massey-Ellis, Constantine Hatzidakis

Offisial keempat: Anthony Taylor

VAR: Stuart Attwell

Asisten VAR: Andy Halliday

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Belajar dari Gus Baha dan Anak Tongkrongan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar