Yamaha

Soal Penundaan Kompetisi, Shin Tae-yong: Ujung dari Timnas itu Kompetisi

  Selasa, 20 Oktober 2020   Budi Cahyono
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong (dok PSSI)

KROASIA, AYOJAKARTA.COM – Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak 30 Agustus 2020. Selain menjalani TC, skuad Timnas U-19 beruji coba dengan timnas negara lain maupun klub-klub kuat di Kroasia.

Setelah menjalani TC di Kroasia, Timnas U-19 selanjutnya akan kembali ke Tanah Air pada Rabu (28/10/2020). Kemudian, pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Namun, karena pihak Kepolisian belum memberikan izin untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2, kompetisi akhirnya ditunda. Kekinian, Polri bersikeras mendahulukukan kepentingan Pilkada serentak 2020 dibandingkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

AYO BACA : Soal Izin Kepolisian, Iwan Bule: PSSI akan Menghormati Keputusan Polri

Penundaan kompetisi tersebut mendapatkan respons dari pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan ini menilai pentingnya kompetisi bagi pemainnya yang baru menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

''Ujung dari sebuah timnas itu kompetisi. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan sesungguhnya. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan latih tanding dengan timnas negara lain atau klub,'' tegas Shin Tae-yong melalui keterangan yang diterima Ayojakarta, Selasa (20/10/2020).

Itu sebabnya, Shin Tae-yong menginginkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali dilanjutkan. ''Anda tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus,” tuturnya.

AYO BACA : Tanpa Gol Lawan Makedonia Utara, Ini Komentar Shin Tae-yong

Dia mengemukakan, sebuah kompetisi sangat dibutuhkan untuk memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Dengan berkompetisi, sekaligus Shin Tae-yong bersama tim pelatih bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20.

“Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,'' imbuhnya.

Seperti diketahui Timnas U-19 akan pulang ke Tanah Air hari Senin 26 Oktober 2020. Selanjutnya pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Rencananya PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator akan melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November, sementara Liga 2 sepekan setelah kick-off Liga 1.

''Itu sebabnya kami memohon kepada Kepolisian untuk mengizinkan agar Liga 1 dan Liga 2 kembali berputar. Sebab kompetisi ini penting bagi timnas dan tentu PSSI,'' imbuh Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

AYO BACA : Pandemi Covid-19, Yoyok Sukawi Minta Pemerintah Bantu Pegiat Olahraga Tanah Air

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar