Yamaha

KARTU PRAKERJA GELOMBANG 11: Kapan Dibuka? Berikut Prediksinya!

  Rabu, 21 Oktober 2020   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi mengakses informasi Kartu Prakerja/ Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pembukaan Kartu Prakerja gelombang 11 masih menjadi tanda tanya. Ayojakarta memprediksi pembukaan Kartu Prakerja gelombang 11 akan dibuka setelah proses pencabutan penerima Kartu Prakerja gelombang 10 selesai dilakukan. 

Prediksi ini semakin diperkuat dengan pernyataan Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahuddin. Ia menyebut, kuota yang nantinya akan dipakai untuk peserta di gelombang 11 berasal dari kuota peserta di gelombang 1 hingga 10 yang kepesertaannya dicabut karena melanggar aturan.

Pelanggaran aturan yang dimaksud adalah para peserta tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak ditetapkan menjadi penerima Kartu Prakerja.

“Jadi gelombang 11 itu, sebenarnya kita juga masih ada yang dicabut kepesertaannya. Dan itu sudah dikembalikan ke Kementerian Keuangan anggarannya. Nah kami masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja, dalam waktu dekat mungkin akan diumumkan," tegas dia belum lama ini.

Lantas, kapan pencabutan kepesertaan gelombang 10 selesai? Berdasarkan pengamatan yang ditelusuri Ayojakarta pada timeline pencabutan kepesertaan di gelombang-gelombang sebelumnya, nantinya gelombang 10 akan dibuka setelah tanggal 29 Oktober 2020.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT (BSU) TAHAP 1 SAMPAI 5: Sudah 98,09 Persen, Termin 2 Cair Awal November!

Mengapa demikian? Berdasarkan pengamatan, proses pencabutan status penerima Kartu Prakerja gelombang 7 selesai dilakukan pada 9 Oktober, lalu gelombang 8 pada 15 Oktober, dan gelombang 9 pada 23 Oktober.

Terdapat pola rentan waktu yang dilakukan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja yaitu 7 dan 8 hari. Hal inilah yang mendasari Ayojakarta untuk memprediksi bahwa proses pencabutan kepesertaan gelombang 10 akan berakhir pada 29 Oktober 2020. 

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui kapan tanggal pasti pembukaan gelombang 11. Hal ini diketahui ketika Ayojakarta menghubunginya kemarin siang (20/10/2020).

“Belum ada (informasi terkait gelombang 11),” ujar Louisa.

Namun demikian, calon pendaftar bisa menunggu pembukaan Kartu Prakerja gelombang 11 dengan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Berkas tersebut diprediksi sama dengan ketentuan yang sudah ada sejak pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang awal hingga 10.

Apa saja syaratnya? Klik di sini.

AYO BACA : Perhatikan Syarat BLT untuk 3,5 Juta Guru Honorer! Kapan Cair? Ini Kata Kemendikbud

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar