Yamaha

Warga Kelurahan Gedong Pasar Rebo Patungan untuk Disinfektan Mandiri

  Rabu, 21 Oktober 2020   Aini Tartinia
Penyemprotan disinfektan di empat RT Kelurahan Gedong Kecamatan Pasa Rebo/ dok

PASAR REBO, AYOJAKARTA.COM - Cegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya, empat RT yang terdiri dari dua RW di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur melakukan penyemprotan disinfektan.

Sterilitasi itu dilakukan warga secara swadaya demi menjaga wilayah tetap aman dari virus Corona. Lurah Gedong, Jiji Kusmawan mengatakan, penyemprotan mandiri itu dilakukan oleh warga di dua RW.

"Keempat RT itu adalah RT 002, RT 003 dan RT 005/RW 11 serta RT 007/RW 06 Kelurahan Gedong," kata Jiji dilansir timur.jakarta.go.id, Senin (19/20/10).

Dikatakan Kusmawan, warga patungan untuk membeli cairan disinfektan agar lingkungannya tetap aman dan nyaman. Sehingga, penyebaran Covid-19 yang selama ini masih menghantui bisa segera hilang.

"Ini sebagai upaya warga untuk terus menjaga wilayahnya dari bahaya Covid-19," ujarnya.

AYO BACA : KARTU PRAKERJA GELOMBANG 11: Kapan Dibuka? Berikut Prediksinya!

Kusmawan menambahkan, dari hasil patungan yang dilakukan warga, akhirnya bisa menyiapkan 75 liter cairan disinfektan. Dengan begitu, semua lingkungan warga bisa disasar untuk proses sterilisasi.

"Cairan yang digunakan dalam penyemprotan di 4 RT di RW 11 menghabiskan 45 liter cairan disinfektan, dan RT 007/06 menghabiskan 28 liter cairan disinfektan," ujarnya.

Karena banyaknya cairan yang disiapkan, sambung Kusmawan, warga juga meminta bantuan ke pihak kelurahan. Sehingga lima Petugas Penanganan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Gedong juga ikut diterjunkan.

"Hal itu juga agar penyemprotan yang dilakukan maksimal sehingga menyasar semua titik," imbuhnya.

Melalui kegiatan itu, Kusmawan berharap warga di RW lain juga dapat melakukan hal yang sama agar mencegah terjadinya penularan atau penyebaran Covid-19. Sehingga wilayah Kelurahan Gedong steril dan terbebas dari virus tersebut.

"Kami juga tak henti-hentinya menyampaikan protokol kesehatan dengan terus menerapkan 3M," pungkasnya.

AYO BACA : Delapan Pendemo di Kabupaten Tangerang Positif Covid-19

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar