Yamaha

Tips Olahraga di Rumah Ala Anoy Roz saat New Normal

  Rabu, 21 Oktober 2020   Budi Cahyono
Flank, salah satu olahraga yang direkomendasikan Anoy Roz saat di rumah saja. (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Sejak Covid-19 menyerang Indonesia pada Maret lalu, masyarakat diminta untuk tetap di rumah dan melakukan segala sesuatu dari rumah.

Selama di rumah saja, mungkin banyak orang yang akhirnya sulit menjaga kesehatan lantaran tak bisa berolahraga di luar rumah seperti biasanya. Atau alasan klasik lainnya adalah terlalu banyak bermalas-malasan di rumah.

Namun, atlet binaragawati Indonesia asal Bandung, Anoy Roz berbagi tips agar masyarakat bisa tetap hidup sehat selama di rumah meski dihadapkan dengan masa pandemi Covid-19 ini. Anoy mengatakan, ada beragam cara agar masyarakat memiliki aktivitas fisik dan olahraga selama di rumah.

AYO BACA : Studi Sebut Olahraga Tak Bisa Redakan Stres di Masa Pandemi

Menurut personal trainer fitness yang juga Ketua Mojang Otot Jawa Barat itu, olahraga yang dapat meningkatkan imunitas tubuh bisa dilakukan dengan cara sederhana. Tidak perlu menggunakan alat yang mahal karena dengan barang di sekitar saja dapat membantu sendi bisa ikut bergerak.

"Tipsnya buat masyarakat cari olahraga yang bisa dikerjakan di rumah. semisal warming up, kita bisa lari di tempat, skipping 30 detik, jumping 30 detik, itu dilakuin selama 5 menit itu. Sama juga untuk kebugaran dan itu untuk memanaskan suhu tubuh selain dengan cara kita rutin berjemur," kata Anoy kepada Ayobandung.com, Rabu (21/10/2020).

Anoy mengatakan, tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah sudah cukup untuk membuat badan tetap bergerak. Menurutnya, olahraga itu yang terpenting dapat dilakukan secara konsisten. 

AYO BACA : Hindari 4 Makanan Ini Sebelum Olahraga

Anoy juga mengatakan, lakukanlah secukupnya dan rutin setiap hari. Tak kalah penting jika ingin olahraga di luar rumah harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3 M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

"Kita bisa melakukan juga dengan squat yang sederhana. Lakukan juga 12 kali sit up dikali 3 set, bisa melakukan biasa sampai 12 kali dikali tiga set, terus flank, pushup, itu aja cukup. Kalau kita tiap hari hanya melakukan 20 detik pun juga cukup," katanya.

Anoy menyampaikan, olahraga adalah bagian dari upaya untuk menjaga kebugaran tubuh. Sekalipun menjalani isolasi mandiri di rumah, olahraga dan kegiatan positif harus tetap dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

"Itu wajib banget. Efektif juga buat masyarakat yang pemula biar pun di rumah aja. Tapi itu bisa lebih efektif dan sangat cukup kalau kita bergerak melakukan dengan konsisten 20 menit karena itu efektif meningkatkan imunitas tubuh juga," ungkap Anoy.

Menurut Anoy, jika tidak berolahraga, maka bukan tidak mungkin sirkulasi darah tidak lancar, otot menjadi kaku, hingga aliran oksigen tidak mengalir lancar ke otak. Karena begitu pentingnya olahraga maka masyarakat diimbau tetap melakukan olahraga ringan sendiri selama di rumah.

"Di masa pandemi ini olahraga ini harus diutamakan, karena untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah olahraga. Olahraga itu harus menjadi sesuatu kebutuhan," ujarnya. (Eneng Reni)

AYO BACA : Ingin Berkumpul Saat Pandemi? Perhatikan Lagi 7 Hal Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar