Yamaha

VAKSIN COVID-19: Daerah Mana Saja yang Dapat Prioritas Vaksin dari Pemerintah? Ini Daftarnya

  Kamis, 22 Oktober 2020   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartanto, membeberkan beberapa roadmap pemerintah terkait vaksinasi Covid-19.

Dia mengatakan bahwa beberapa daerah di Indonesia kemungkinan akan mendapatkan prioritas vaksin.

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: Keampuhan Vaksin Merah Putih Bermanfaat dalam Jangka Panjang

Daerah-daerah tersebut merupakan daerah zona merah dengan tingkat penularan yang besar. Airlangga menyebut daerah seperti Sumatera Utara, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Papua Barat, akan mendapatkan prioritas vaksinasi.

“Itu nanti akan dievaluasi juga nanti terkait efektivitasnya,” jelasnya dalam pernyataan persnya, Kamis (22/10/2020).

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: Apakah Ada Jaminan Vaksin Dapat Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus? Begini Jawaban Bio Farma

Selagi menunggu final roadmap pemerintah dan persetujuan BPOM, kata Airlangga, pihaknya akan memfokuskan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak mudik menjelang libur panjang akhir bulan, yakni 28 Oktober hingga 1 November 2020.

“Yang paling efektif saat ini untuk mencegah penularan adalah dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ucap dia.

Dia menegaskan, memakai masker merupakan perlindungan yang paling utama. Terkait liburan panjang itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, juga menegaskan hal yang sama.

Doni menuturkan, saat ini seluruh komponen pemerintah bekerja keras dalam upaya mencegah masyarakat agar tidak mudik. Dia menyadari liburan panjang sebelumnya seperti Idulfitri dan Iduladha, meningkatkan penularan virus bahkan membentuk suatu klasternya sendiri.

“Setelah lebaran memang ada peningkatan kasus positif. Kemudian liburan berikutnya, liburan Iduladha pada akhir Juli, ada peningkatan kasus tapi juga tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: Ini Prioritas Vaksinasi di Kota Bogor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar