Yamaha

Kunjungi Polda Jateng, BPK RI Periksa Dana Penanganan Covid-19

  Kamis, 22 Oktober 2020   Budi Cahyono
BPK RI mengaudit Polda Jateng untuk penggunaan dana penangangan Covid-19. (dok Polda Jateng)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Dalam rangka pemeriksaan dana penanganan Covid-19 di Jawa Tengah, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI mengunjungi Polda Jawa Tengah.

Polda Jawa Tengah menjadi salah satu dari beberapa Polda se-Indonesia yang diaudit keuangannya secara keseluruhan, kerena mendapatkan alokasi recofusing anggaran penanganan Covid-19 cukup besar mencapai Rp37 miliar. 

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: PAPDI Minta 4 Hal Wajib Ini kepada IDI dalam Program Vaksinasi

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya telah menerima dan mengelola dana tersebut sesuai ketentuan dan mengedepankan asas transparansi dalam pengelolaannya.

"Saya telah perintahkan jajaran Logistik Polda Jawa Tengah untuk mengelola dan menatausahakan dana yang telah diterima sesuai ketentuan dengan mengedepankan asas tranparansi, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian," ujarnya dalam keterangan yang didapat, Kamis (22/10/2020).

AYO BACA : LIBUR PANJANG: Ini Tempat Liburan yang Terbaik Menurut Wagub DKI

Kapolda menambahkan,  dalam membantu Pemerintah atas berlakunya adaptasi kebiasaan baru, Polri turut mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan dan menyiapkan personil, peralatan dan dukungan anggaran serta melaksanakan pengawasan internal.

"Polda Jateng telah dukung pemerintah dengan berlakunya adaptasi kebiasaan baru yang produktif dan bebas Covid-19 serta menerapkan 9 sektor ekonomi yang sudah beroperasi secara terbatas," Imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner BPK RI, Hendra Susanti adapun proses pemeriksaan keuangan mencakup tahapan perencanaan, kinerja, hingga kepatuhan lembaga negara terhadap perundang-undangan.

"Jadi samplingnya di Polda Jawa Tengah karena jumlah masyarakat yang ditangani Polda Jateng cukup besar,"katanya.

Selain Polda Jateng, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mendapat dana penanganan Covid-19 hampir Rp3 triliun juga turut dipriksa oleh BPK RI. (Vedyana)

AYO BACA : LIBUR PANJANG: Bagaimana Prosedur Rapid Test Kereta dan Pesawat? Ini Penjelasan Menhub

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar