Yamaha

Komplotan Penipu Mobil Rental di Cimahi Dibekuk Polisi

  Jumat, 23 Oktober 2020   Budi Cahyono
ilustrasi (dok)

CIMAHI, AYOJAKARTA.COM -- Komplotan pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan spesialis mobil rental di bekuk jajaran satuan reserse kriminal Polres Cimahi.

Disita sebanyak 13 unit mobil hasil kejahatan di sekitar Padalarang dan Cikalong Wetan, Kabupaten Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki menerangkan, penipuan dilakukan dengan modus meminjam terlebih dahulu, kemudian oleh pelaku digadaikan.

Penangkapan ketiganya terbilang cepat karena dilakukan kurang dari 24 jam setelah korban membuat laporan di Mapolres Cimahi, Kamis (22/10/2020). 

AYO BACA : Polres Metro Jakbar Tangkap Komplotan Pengedar Narkoba

\"Kurang dari 24 jam para pelaku itu berhasil ditangkap, laporan yang masuk ada 24 unit mobil rental digadaikan para tersangka,\" kata AKBP M Yoris didampingi Kasatreskrim AKP Yohannes Redhoi Sigiro, Jumat (23/10/2020). 

Kapolres menambahkan, dalam menjalankan aksinya menggunakan modus meminjam mobil rental dengan pura-pura akan dipakai untuk mengantarkan penumpang.

Mereka pun menjanjikan iming-iming pembagian keuntungan setiap bulannya dari setiap unit mobil yang direntalkan oleh pemiliknya. Satu pemilik mobil dijanjikan mendapat uang keuntungan Rp5 juta/bulan. 

Namun itu hanya akal-akalan dari pelaku agar para korbannya mau meminjamkan mobil mereka. Padahal setelah mobil dikuasai oleh pelaku mobil tersebut digadaikan senilai Rp15 juta-Rp25 juta/satu unit kendaraan.

AYO BACA : Polres Cimahi Ungkap Penipuan Proyek Perumahan dengan Nilai Rp8 Miliar

Penipuan itu terbongkar setelah korban tidak pernah menerima uang yang dijanjikan. Padahal mobil mereka sudah diserahkan ke pelaku untuk direntalkan sejak bulan Juni 2020.

\"Jadi korban merasa kecewa, janji keuntungan uang tidak ada, dan mobil mereka juga tidak kembali. Pelaku sudah melancarkan aksinya sejak bulan Juni, dan terancam Pasal 372 dan juga 378 serta Pasal 55 atas turut serta, dengan hukuman 5 tahun penjara,” ujar dia.

Saat ini, tutur AKBP M Yoris, pihaknya telah mengamankan sebanyak 13 mobil dari total 24 mobil yang dibawa oleh pelaku. Untuk kendaraan sisanya masih dalam pengejaran Kasat Serse dan Kapolsek Cikalongwetan.

\"Kebanyakan pelaku mengincar mobil niaga jenis MPV seperti Avanza, Suzuki Carry, Calya, Kijang, dan ada juga Yaris,\"sebutnya.

Korban Panji mengatakan, dirinya menyewakan mobil Toyota Avanza selama 3 bulan. Pelaku mengaku menyewa kendaraan untuk kebutuhan proyek dan baru dua bulan dibayar.

\"Setelah itu tidak ada lagi (bayaran) dan pas dicek ternyata mobil digadaikan. Saya lapor polisi dan alhamdulilah ketemu,\"katanya. (Tri Junari)

AYO BACA : Polresta Cirebon Sita 1 Juta Obat Keras Terlarang, 28 Tersangka Dibekuk

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar