Yamaha

Bersihkan Situ Munjul, DKI Kerahkan 29 Personel Gabungan

  Sabtu, 24 Oktober 2020   Khoirur Rozi
Pembersihan Waduk Munjul/ dok

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM - Petugas gabungan membersihkan Situ Munjul di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (24/10/2020). Sebanyak 29 personel gabungan dari PPSU, Satgas Sumber Daya Air, dan Satgas Kehutanan diterjunkan pada hari ini.

Lurah Munjul, Sumarjono mengatakan, proses pembersihan waduk seluas lima hekatare itu dilakukan secara manual menggunakan peralatan sederhana, seperti cangkul, linggis, golok, parang, gergaji mesin, sapu lidi dan sejumlah peralatan lainnya.

AYO BACA : Hadapi Musim Penghujan, Kelurahan Rorotan Petakan Titik Genangan

“Dalam kerja bakti ini para personel gabungan menebang tanaman liar, membongkar gubuk/bedeng dan membersihkan sampah yang ada di area waduk,” katanya dilansir dari Beritajakarta.id.

Dia menjelaskan, Situ Munjul ini terkoneksi dengan Waduk Cilangkap dan Embung Bulan Sabit di area Agro Wisata Cilangkap.

AYO BACA : Jakarta Pusat Perbaiki Sistim Drainase Cegah Banjir

"Jika Situ Munjul ini difungsikan, maka bisa mengurangi banjir di wilayah Cilangkap Setu, Lubang Buaya, Cipayung dan Kelurahan Bambu Apus,” jelasnya.

Dia menambahkan, proses pembersihan area Situ Munjul sudah dilakukan sejak tiga pekan lalu dan belum rampung. Untuk proses pengerjaannya, kedepan pihaknya juga akan mengerahkan sejumlah alat berat.

“Saat ini semua alat berat sedang dipakai untuk mengeruk sejumlah kali dan waduk yang ada di Jakarta Timur, setelah pengerukan rampung, kita juga akan kerahkan alat berat untuk membersihkan area Situ Munjul ini,” imbuhnya.

AYO BACA : 42% Warga Kota Bogor Putus Kerja Akibat Pandemi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar