Yamaha

Pemkab Kepulauan Seribu Mulai Aktif Ajak Warga Untuk Olah Sampah

  Minggu, 25 Oktober 2020   Icheiko Ramadhanty
Pemkab Kepulauan Seribu Mulai Aktif Ajak Warga Untuk Olah Sampah/pulauseribu.jakarta.go.id

 

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) telah membentuk struktur kepengurusan Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS) di tujuh RW.

LPS dibentuk sebagai salah satu niat dan komitmen Pemkab Kepulauan Seribu untuk lebih memperhatikan dan mengelola berbagai jenis sampah di lingkungan sekitar. Hal ini juga mencegah terjadinya banjir dan mendukung lingkungan yang lebih sehat.

Kepala Suku Dinas LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono, merinci tujuh RW yang telah membentuk LPS. Ketujuh RW tersebut terdiri dari empat RW di Kelurahan Pulau Tidung, dua RW di Kelurahan Pulau Panggang, dan satu RW di Kelurahan Pulau Harapan.

“Kepengurusan ini sah dan telah ada surat keputusan atau SK. Kami berharap enam kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu seluruhnya segera memiliki pengurus LPS tingkat RW,” ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id, Minggu (25 Oktober 2020).

Djoko menjelaskan struktur kepengurusan LPS meliputi Ketua RW, sekretaris, bendahara, bidang dan seksi-seksi. Pengelolaan sampah lingkup RW ini akan didampingi oleh penyedia jasa lainnya orang perorangan (PJLP) dari Suku Dinas LH dan kader PKK.

“Awal November akan kami uji coba aktifkan bagi yang sudah ada sarana dan prasarananya. Kami berharap partisipasi aktif warga agar sampah dapat dipilah dan diolah sejak dari sumbernya,” katanya.

Untuk diketahui, petugas Suku Dinas LH Kepulauan Seribu hingga saat ini terus melakukan sosialisasi pentingnya pembentukan kepengurusan LPS di tingkat RW sesuai amanat Pergub Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar