Yamaha

JAKARTA UTARA: Panen Sayuran di Kolong Tol Kelurahan Warakas

  Minggu, 25 Oktober 2020   Eries Adlin
JAKARTA UTARA: Panen Sayuran di Kolong Tol Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok/utara.jakarta.go.id

TANJUNG PRIOK, AYOJAKARTA.COM -- Ketahanan pangan keluarga di masa pandemi COVID-19 harus tetap terjaga. Hal inilah yang melandasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09 Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, yang mempunyai 20 anggota untuk memanfaatkan kolong tol seluas 500 m2. Lahan kosong itu diubah menjadi area pertanian, pengembangan budidaya ikan lele dan maggot. 

“Kami Kita lebih memilih menanam sayuran karena cuma butuh satu bulan untuk bisa dipanen. Setelah panen kita bagikan lagi ke masyarakat dengan menjualnya dibawah harga pasar. Hasil penjualan sayuran digunakan kembali untuk membeli bibit sayuran dan keperluan lainnya,” ungkap Thelda Pangandaheng, Ketua KWT Hijau Daun RW 09 Warakas saat acara panen raya sayuran di Taman Warga Kampung Tangguh RW 09 Warakas, Jumat (23 Oktober).

Beragam jenis sayuran yang ditanam seperti terong, sawi, kangkung, pare, bayam merah dan bayam hijau. Saat proses penanaman mereka dibantu oleh Kelompok Bocah Cinta Lingkungan (Bocil) yang sudah terbentuk sejak 2011.

“Awalnya, ada 32 orang tapi sekarang bertambah menjadi 70 orang. Itu tidak dipaksa melainkan atas kemauannya sendiri untuk bergabung sebagai Bocil. Mereka juga bisa memotivasi orang tuanya untuk mencintai lingkungan karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama,” terangnya.

Thelda berharap kolaborasi dalam menciptakan lahan hijau dapat memacu unsur RT/RW lainnya untuk melakukan kegiatan peduli lingkungan. “Bersama-sama membangun wilayah agar lebih asri, nyaman dan indah. Dulunya, di sini dilihat sebagai lingkungan RT yang kumuh, gersang dan jorok tapi sekarang berubah atas kepedulian dari warga didukung unsur lainnya yang mencintai lingkungan.”

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Warakas, Happy Nilasari mendukung aksi peduli lingkungan yang digagas masyarakat RT 05 RW 09 Warakas. “Wilayah Kelurahan Warakas jarang lahan kosong dan ini terobosan baru untuk mempunyai lahan hijau yang diharapkan bisa merambah ke RW lainnya. Apalagi lokasi ini sebelumnya dijadikan tempat sampah tapi sekarang menjadi lahan hijau dengan aneka jenis tanaman.”

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar