Yamaha

Miliki Lemak Sehat, Ini Manfaat dari Alpukat

  Selasa, 27 Oktober 2020   Budi Cahyono
Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi, vitamin dan serat. memakan alpukat dapat memberikan banyak keuntungan bagi tubuh kita. (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Alpukat adalah buah yang bisa dengan mudah kita temukan di penjual buah di pasar maupun di pedagang jus. Alpukat merupakan buah yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi didalamnya.

Dan alpukat adalah buah yang unik karena banyak mengandung lemak sehat di dalamnya.

Beberapa studi juga menunjukan betapa banyaknya manfaat dari buah alpukat ini.  

Mulai dari banyaknya vitamin yang terkandung, sampai dengan kandungan serat yang sangat bermanfaat.

Inilah beberapa manfaat yang terkandung didalam alpukat.

AYO BACA : Waspadai Paparan Covid-19 saat Makan Bersama

1. Kaya akan nutrisi

Alpukat mengandung banyak nutrisi, dan nutrisi yang terkandung juga sangat beragam. Dan di dalam alpukat terdapat kandungan 20 macam vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Inilah beberapa kandungan yang dikandung oleh alpukat dalam 100 gram penyajian.

Terdapat vitamin K dengan 26% dosis harian (DH), lalu ada 20% DH dari Folate, vitamin C dengan 17% DH, mengandung Potassium 14% dari DH, juga ada vitamin B5 dan B6 dengan masing masing 14% dan 13% dari DH, dan juga vitamin E 10% dari DH. alpukat juga mengandung banyak magnesium, zat besi, fosfor, dll.

2. Kaya akan asam lemak tak jenuh

Alpukat adalah makanan yang sangat berlemak, pada faktanya 77% kalori yang terkandung pada alpukat adalah dari lemak. Tetapi lemak yang terkandung bukanlah lemak sembarangan, melainkan Oleic acid.

AYO BACA : Dijuluki Sayuran Super, Ini 5 Manfaat yang Terkandung dalam Bayam

Oleic acid adalah lemak tak jenuh dan juga merupakan bahan utama dari olive oil, dan juga dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat untuk Kesehatan jantung.

Oleic acid dikenal karena bisa menurunkan inflamasi dan terbukti dapat menyehatkan gen yang terkait dengan pencegahan kanker. dan lemak yang terkandung didalam alpukat juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi akibat panas, karena itu membuat minyak alpukat adalah salah satu pilihan sehat untuk kita memasak.

3. Menurunkan tingkat Kolesterol

Penyakit jantung adalah penyakit yang menjadi penyebab umum kematian di seluruh dunia. Penyakitb jantung dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kolesterol, triglycerides, darah tinggi, dll. dan dalam beberapa studi menunjukan efek alpukat terhadap beberapa faktor resiko tersebut menunjukan hasil yang positif.

Studi menunjukan bahwa alpukat dapat secara signifikan menurunkan tingkat kolesterol. Selain itu juga alpukat dapat menurunkan trigliserida darah sebesar 20%. 

Menurunkan LDL kolesterol sebanyak 20%, dan menaikan HDL (kolesterol baik) sebanyak 11%. Itu menunjukan bahwa alpukat sangat sehat untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki faktor resiko penyakit jantung.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari buah alpukat seperti mengandung banyak antioksidan, dapat mencegah kanker, dapat membantu menurunkan berat badan dll.

Mengonsumsi alpukat bisa menjadi salah satu pilihan untuk memulai hidup sehat. Apalagi di masa pandemi ini kita harus selalu menjaga Kesehatan kita, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. (Haidar Ainurrahman)

AYO BACA : Ingin Ginjal Tetap Sehat, Lakukan 6 Hal Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar