Yamaha

8 Langkah Pendaftaran FMOTM DKI Jakarta, Pahami 5 Jadwal Validasi Data di Sini

  Rabu, 28 Oktober 2020   Aini Tartinia
Pendaftaran fakir miskin dan orang tidak mampu. (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemeritah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempersiapkan bantuan bagi masyarakat fakir miskin dan orang tidak mampu (FMOTM) berdomisili di Ibu Kota. FMOTM ini berguna untuk pendataan bantuan KJP, BST, KIP, PKH, KKS, dan lansia

Untuk mendapatkan bantuan ini, Pemprov DKI menyediakan pendaftaran secara daring atau online yang dibuka sejak 25 Oktober 2020 dan akan ditutup pada 4 November 2020.

Pendaftaran secara online lantaran agar terhindar dari kerumunan, memudahkan secara administrasi, fleksibel, bisa daftar kapan dan dimana saja, dapat diakses 24 jam melalui jaringan intenet, serta lebih efektif dan efisien tanpa harus antri.

Nah, bagaimana cara daftarnya? Kalian langsung ketik saja fmotm.pusdatin-dinsos.jakarta.go.id di kotak url aplikasi browser di komputer, laptop, maupun ponsel dan kemudian ketik enter. Lalu, ikuti tahapan berikut ini:

1. Setelah klik enter, akan muncul tampilan pada laman utama bertuliskan “Pendaftaran fakir mikir dan orang tidak mampu DKI Jakarta”. Klik menu pendaftaran berwarna hijau di bawah tulisan tersebut.

AYO BACA : Pendaftaran Fakir Miskin & Orang Tak Mampu Bisa Online, Terakhir 4 November, Begini Caranya

2. Tunggu dan muncul kotak untuk membuat akun terlebih dahulu. Ketik nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat e-mail, nomor telepon atau nomor ponsel, dan terakhir ketik password.

3.Pastikan password pertama dan kedua sama, setelah itu klik “Buat Akun” di kotak biru. Kalian harus ingat, data yang diisi tersebut jangan sampai lupa karena digunakan sebagai id akun.

4. Jika keluar kotak yang bertuliskan “Berhasil Mendaftar Terima Kasih,” jadi kalian tinggal login di bawahnya dengan id dan password yang sebelumnya dibuat dan klik masuk.

5. Setelah terbuka tampilan menu FMOTM, akan ada kotak biru menu “Pendaftaran Baru” dan kotak hijau menu “View Pendaftaran”. Lalu, kalian klik kotak biru tersebut hingga muncul Form Input Pendaftaran Baru FMOTM, ketik NIK kepala rumah tangga, masukkan nomor kartu keluarga (KK), lalu klik kotak cek data di sebelah kanan atas.

6. Kalau sudah ada tulisan “data tidak terdaftar di data FMOTM” selamat, berarti data kalian dapat digunakan dapat digunakan.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT TERMIN 2: Bukan Akhir Bulan Ini, Simak Penjelasannya!

7. Selanjutnya, klik OK dan lanjutkan isi kelanjutan form tersebut mulai dari biodata nama kepala rumah tangga, jenis kelamin kepala rumah tangga, nama istri, alamat sesuai KTP atau KK, alamat sesuai domisili, RT dan RW sesuai domisili lalu tempat lahir kepala rumah tangga, dan seterusnya sampai menu terakhir pengisian form.

8.Setelah selesai, pastikan data kalian sudah benar lalu klik OK. Tunggu sebentar hingga laman berubah jadi “List Pendaftar FMOTM” untuk melihat status data kita sedang on review atau sedang dipantau.

Kalian tinggal tunggu data yang diajukan untuk dilakukan on review dan tiap minggunya data tersebut akan melewati berbagai proses jadwal berikut ini:

a. Minggu pertama November 2020 kita terdaftar

b. Minggu kedua November 2020 akan dilakukan pemadanan data dengan Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) DKI

c. Minggu ketiga November 2020 akan dilakukan pemadanan data dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) DKI

d. Minggu keempat November 2020 kelurahan setempat melakukan musyawarah kelurahan (Muskel)

e. Minggu ketiga Desember 2020 baru akan dilakukan verifikasi dan validasi apakah data kita disetujui atau tidak

AYO BACA : PESERTA KARTU PRAKERJA GELOMBANG 10: Buruan Beli Pelatihan Pertama Sebelum 31 Oktober! Begini Caranya!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar