Yamaha

2 Kecelakaan Terjadi di Tol Japek saat Libur Panjang, Pengemudi Diimbau Lebih Hati-hati

  Kamis, 29 Oktober 2020   Budi Cahyono
ilustrasi kepadatan lalu lintas (dok suara.com)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Memasuki masa libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, terjadi dua kecelakaan beruntun dalam sehari di tol Jakarta-Cikampek (Japek), Rabu (28/10/2020).

General Manager Traffic PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC), Chandra Hutabarat, mengatakam bahwa kecelakaan pertama terjadi pada pukul 07.45 WIB.

Kecelakaan beruntun tersebut di KM 14 Jalan Tol Japek elevated arah Cikampek yang melibatkan 6 kendaraan. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, dalam waktu kurang satu jam pun lalu lintas kembali lancar.

Kecelakaan beruntun kedua terjadi pada siang hari sekitar pukul 13.05 WIB, tepatnya di KM 35 arah Cikampek. Dikatakan, menurut observasi petugas Mobile Customer Service (MCS) di lokasi kejadian, kecelakaan diduga terjadi akibat kurangnya antisipasi pengendara.

“Ditengarai pengendara kendaraan pertama melakukan pengereman mendadak, yang mengakibatkan kendaraan belakang kurang antisipasi dan tidak sempat menghindar sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (28/10/2020).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, petugas MCS dan derek Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan dan mengatur lalu lintas untuk mengurai kepadatan.

Sekitar pukul 14.50 WIB, kendaraan yang terlibat berhasil dievakuasi dan dilakukan pembersihan lajur untuk memastikan jalan tol kembali aman untuk dilintasi.

"Tidak ada korban jiwa akibat kedua kecelakaan tersebut, hanya kerugian material. Saat ini semua lajur sudah dapat dilalui dan kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar," katanya.

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan dan memastikan pengendara dalam kondisi prima, tidak lelah atau mengantuk.

"Selain itu yang paling penting, patuhi kecepatan maksimal dan minimal di jalan tol ini, 60 Km/jam dan 80 Km/jam,” jelas Chandra.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago, membenarkan adanya dua kecelakaan beruntun yang terjadi pada hari pertama liburan panjang ini. Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut, petugas pun telah melakukan penanganan.

"Sudah dalam penanganan," ujar Erdi ketika dikonfrimasi, Kamis (29/10/2020). (Fichri Hakiim)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar