Yamaha

Libur Panjang, Warga Jakarta Diminta Kembali Sebelum 1 November

  Jumat, 30 Oktober 2020   Fitria Rahmawati
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo / suara.com

GAMBIR, AYOAKARTA.COM - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo meminta agar warga yang akan kembali ke DKI Jakarta untuk melakukan perjalanan sebelum 1 November. Ini dilakukan untuk mencegah penumpukan di rest area tol sehingga berpotensi menularkan virus corona.

"Kami mengimbau kepada warga jangan balik seluruhnya tanggal 1 (November) di hari Minggu. Lakukan perencanaan besok hari Sabtu (31/10) sudah ada yang balik," kata  saat dihubungi, Jumat (30/10/2020).

AYO BACA : Libur Panjang, Volume Arus Tol Tagerang-Merak Meningkat 10 Persen

Selain mengharapkan warga Jakarta yang bepergian ke luar kota untuk pulang sebelum 1 November, Syafrin juga mengimbau masyarakat tidak perlu membawa sanak saudara. Khususnya orang tua dari kampung halamannya untuk bertandang ke Jakarta. Terutama pada kategori orang lanjut usia (lansia) yang termasuk dalam kelompok rentan terpapar Corona.

"Kepada warga yang sudah mudik pada saat balik ke Jakarta, jangan dulu ajak keluarga bersama-sama ke Jakarta tentu ini akan menimbulkan kepadatan juga selain di 'rest area' tadi," ujar Syafrin.

AYO BACA : Marak Begal Sepeda, Pemprov DKI Jaga Jalur Sepeda dalam Dua Shift

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memprediksi puncak arus balik ke Jakarta pada libur panjang terjadi pada 1 November.

Pada libur panjang ini terjadi peningkatan arus volume kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta sebesar 22%.

"Hari Rabu (28/10/2020) itu jumlah kendaraan bermotor ke luar Jakarta untuk di jalan tol mencapai puncaknya, itu lebih kurang 188.000 hampir 190.000 lah," ujar Syafrin.

Syafrin mengingatkan juga pengelola jalan tol untuk terus menjaga dan mengawasi penerapan protokol kesehatan khususnya di rest area sehingga dapat meminimalkan potensi penularan Covid-19.

AYO BACA : Anjlok di Stasiun Kampung Bandan, Evakuasi KRL Butuh 5 Jam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar