Yamaha

Pembukaan Prakerja Gelombang 11 Batal Dirilis Oktober?

  Jumat, 30 Oktober 2020   Eries Adlin
Pembukaan Prakerja Gelombang 11 Batal Dirilis Oktober? (ilustrasi)/prakerja.go.id


TEBET, AYOJAKARTA.COM – Menjelang berakhirnya bulan Oktober, pengumuman pembukaan Program Prakerja gelombang 11 masih belum dirilis oleh Pemerintah melalui Komite Cipta Kerja.

Sebelumnya, Komite Cipta Kerja memberikan sinyal bahwa pembukaan program Kartu Prakerja gelombang 11 akan diupayakan berlangsung pada Oktober. Namun sampai berita ini diturunkan, 30 Oktober, belum ada tanda-tanda program tersebut akan dibuka.

Namun, berdasarkan pemberitaan Ayojakarta sebelumnya, kemungkinan besar pembukaan Prakerja gelombang 11 menunggu tuntasnya semua proses di gelombang 10. Menurut Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, peserta Prakerja gelombang 10 harus segera melakukan pembelian pelatihan pertama sebelum 31 Oktober berakhir kalau tidak mau saldo bantuan hangus.

“Batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 10 adalah tanggal 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB,” tulis akun Instagram Kartu Prakerja, @prakerja.go.id, Rabu (28 Oktober 2020).

Sambil menunggu pengumuman resmi Pemerintah tentang pembukaan Prakerja gelombang 11, ada baiknya kalian menyimak cara daftar dan dokumen-dokumen yang harus disiapkan agar lolos seleksi.

Oh ya, sebelum kita membicarakan cara daftar agar lolos seleksi, mungkin perlu dijelaskan lebih dahulu tentang bagaimana rencana pembukaan Prakerja gelombang 11 disiapkan oleh Komite Cipta Kerja.

Sinyal pembukaan program Kartu Prakerja gelombang 11 sempata disampaikan oleh Ketua Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin.

“Intinya kami terbuka dan siap apabila kita diminta untuk membuka gelombang 11. Kita harus segera mengerjakan, tapi mungkin sebelum akhir bulan Oktober ini kita harus menyelenggarakan untuk pembukaan gelombang ke 11,” ungkap Rudy dalam Webinar Kartu Prakerja, Rabu (14 Oktober 2020).  

Namun, pembukaan Prakerja gelombang 11 masih harus menunggu keputusan final dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja.

Kuota peserta untuk pembukaan Prakerja gelombang 11 berasal dari peserta di gelombang 1 hingga 10 yang kepesertaannya dicabut karena melanggar aturan. Mereka adalah para peserta yang tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak ditetapkan menjadi penerima Kartu Prakerja.

Oke sekarang kita bahas cara daftar dan persyaratan yang dibutuhkan sehingga kalian nanti sudah siap apabila pembukaan Prakerja gelombang 11 diumumkan oleh pemerintah dan bisa  lolos seleksi.

Bagi pendaftar yang ingin lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, harap memperhatikan persyaratan berikut:

  1. Nama lengkap harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Perhatikan nomor Kartu Keluarga (KK). Jangan sampai ada ketidakcocokan antara data di KTP dan KK
  3. Tanggal lahir harus sesuai KTP
  4. Alamat surat elektronik (surel) atau email yang jelas dan aktif (kotak masuk jangan sampai penuh atau jangan gunakan e-mail yang sudah lama tidak dipakai)
  5. Nomor handphone yang sesuai dengan data diri saat registrasi
  6. Alamat sesuai KTP
  7. Alamat domisili (jika tempat tinggal dan alamat di KTP berbeda)
  8. Jenis kelamin
  9. Pendidikan terakhir yang ditamatkan
  10. Status kebekerjaan
  11. Foto KTP atas milik pendaftar.

Ke-11 poin di atas merupakan 'modal utama' bagi pendaftar Kartu Prakerja. Jika terdapat ketidaksesuaian antara data yang dimasukkan dengan data yang diperoleh Manajemen Pelaksana, maka proses pendaftaran peserta bisa menjadi alasan mengapa peserta tersebut tidak lolos.

Berikut Ayojakarta rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 11 berdasarkan prosedur pada Prakerja gelombang 10:

  • Masuk ke laman prakerja.go.id
  • Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi
  • Cek email masuk dari kartu prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id
  • Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir
  • Klik tombol 'berikutnya'
  • Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak prakerja
  • Mengisi tes motivasi selama 1 menit
  • Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan
  • Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 10' (jika sudah dibuka).

Lalu, bagaimana cara bagi yang gagal di gelombang sebelumnya dan ingin kembali mendaftarkan diri di gelombang 11? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun prakerja:

  • Masuk ke laman prakerja.go.id
  • Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya
  • Menuju ke laman dashboard di profile prakerja masing-masing
  • Peserta dapat langsung klik 'gelombang 10' (jika sudah dibuka)

Nantinya, pendaftar terpilih berhak mendapatkan total bantuan sebesar Rp3,55 juta. Adapun rinciannya yaitu Rp1 juta untuk saldo pembelian pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600 ribu selama 4 bulan, dan Rp150 ribu dari survei atau rating.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar