Yamaha

Virus Covid-19 Bisa Menular di Kolam Renang? Simak Penjelasannya!

  Minggu, 01 November 2020   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi berenang/ freepik

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Sebagian masyarakat mulai ‘gerah’ ingin segera melakukan aktivitas dan berlibur sejenak di luar rumah, termasuk melakukan kegiatan berenang. Terlebih, bagi mereka yang terbiasa melakukan aktivitas berenang setiap sepekan sekali sebagai salah satu kegiatan olahraga.

AYO BACA : Usai Isolasi 19 Hari, Ronaldo Sembuh dari Covid-19

Namun, bagi mereka yang harus menggunakan fasilitas kolam umum, tentu ada rasa kekhawatiran risiko penularan Covid-19, mengingat tempat ini termasuk ruang publik yang digunakan untuk semua orang.

AYO BACA : Rapid Test di Tempat Wisata, 1 Pengunjung di Lembang Reaktif Covid-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan bahwa tidak ada bukti virus Covid-19 menyebar dari orang ke orang melalui air. CDC juga meyakinkan, klorin dan bromin yang mendisinfeksi kolam renang dan suhu panas, tidak memungkinkan dapat menyebabkan Covid-19 aktif. Hal itu mengingat bahwa klorin dan kaporit mudah membuat mati virus.

Para ahli juga menyatakan, kemungkinan penyebaran Covid-19 di ruang terbuka lebih kecil, dibandingkan di ruang tertutup. Namun, bukan berarti virus Covid-19 tidak ada.

Lantas, bagaimana berenang di kolam umum pada masa pandemi saat ini? Menurut Dokter Penyakit Dalam Rumah Sakit Menteng Mitra Afia, Dirga Sakti Rambe, yang menjadi bahaya adalah aktivitas di atas kolam renang.

“Jadi (misalnya) kita ketemu temannya anak-anak, itu yang bahaya sebetulnya,” kata dia dalam pernyataannya di akun YouTube FMBID_IKP, Kamis (29/10/10).

AYO BACA : UPDATE CORONA NASIONAL: Positif Covid-19 Indonesia Bertambah 2.897

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar