Yamaha

DKI dan Jawa Barat Masuk 13 Provinsi Prioritas Penanganan Covid-19

  Jumat, 06 November 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi Covid-19 (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Sebanyak 13 Provinsi telah ditetapkan pemerintah sebagai wilayah prioritas dalam penanganan Covid-19. Terpilihnya belasan provinsi tersebut menjadi prioritas penanganan Covid-19 karena wilayah tersebut memiliki fluktuasi penambahan kasus, tingkat kesembuhan dan angka kematian yang menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Indonesia.

“Awalnya pemerintah meletakkan fokus di 10 Provinsi dan sesuai dengan perkembangan waktu dan kondisi, maka jumlah Provinsi yang menjadi perhatian bertambah menjadi 13 Provinsi,” kata Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (5/11/2020).

Dalam data yang dimiliki Satgas, sepanjang waktu sepekan terakhir yakni antara 26 Oktober hingga 1 November 2020, tercatat tiga provinsi menunjukkan tren kenaikan kasus positif yaitu Sumatera Utara, Papua dan Sumatera Barat. Sementara sembilan provinsi lainnya melandai.

Demikian juga, pada periode yang sama tercatat enam provinsi memiliki kasus kematian meningkat sementara tujuh lainnya menurun. Sedangkan tren kesembuhan, tercatat hampir seluruh Provinsi menunjukkan tren kesembuhan yang meningkat kecuali Papua.

Lalu, yang paling menonjol adalah dua provinsi yaitu Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara mencetak angka kesembuhan yang meningkat drastis dari yang lain.

“Tren peningkatan kesembuhan tertinggi berada di Sulawesi Selatan dari yang sebelumnya 74,06% pada 27 September 2020, menjadi 90,09% persen pada 1 November 2020, ini adalah peningkatan cukup tinggi,” kata Wiku.

Adapun ke-13 provinsi tersebut, adalah:

AYO BACA : Virus Covid-19 Bisa Menular di Kolam Renang? Simak Penjelasannya!

1. DKI Jakarta

2. Jawa Barat

3. Jawa Tengah

4. Jawa Timur

5. Kalimantan Selatan

6. Sulawesi Selatan

7. Sumatera Utara

AYO BACA : Tim Riset Ungkap Alasan Vaksin Covid-19 Hanya untuk Usia 18 hingga 59 Tahun

8. Papua

9. Bali

10. Aceh

11. Sumatera Barat

12. Riau

13. Kalimantan Timur

Terhadap provinsi yang masih ditemukan peningkatan kasus dan angka kematian, Wiku meminta pemerintah daerah untuk menyiagakan fasilitas kesehatan secara optimal. Dia juga meminta masyarakat untuk tak sungkan memeriksakan diri ke Puskesmas maupun RS bila merasa memiliki gejala Covid-19.

"Dimohon kepada seluruh provinsi untuk dapat terus mempertahankan, bahkan meningkatkan kesembuhan hingga 100 persen. Bagi provinsi yang masih menunjukkan tren penurunan kesembuhan, mohon benar-benar ditingkatkan pelayanan kesehatannya,” pesan Wiku.

AYO BACA : Penelitian Sebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir 7 September 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar