Yamaha

Pemkab Kepulauan Seribu Selesai Bangun 224 dari Total Target 312 Sumur Resapan

  Jumat, 13 November 2020   Icheiko Ramadhanty
proses pembangunan sumur resapan di wilayah Kepulauan Seribu / beritajakarta.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA), telah menyelesaikan pembangunan 224 sumur resapan.

Sumur-sumur tersebut terdapat di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Pembangunan 224 sumur resapan itu dibangun dalam periode Januari hingga 9 November 2020. Kepala Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu, Abdul Rouf, mengatakan menjelang akhir tahun, pembangunan sumur resapan terus dikebut untuk mengantisipasi terjadinya genangan.

"Total targetnya tahun ini ada 312 titik sumur resapan. Kami optimistis target itu bisa dicapai," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.id, Jumat (13/11).

Rouf menjelaskan, khusus untuk periode Oktober-9 November 2020 telah berhasil diselesaikan 111 sumur resapan di 10 pulau permukiman.

Rinciannya, di Pulau Pramuka telah selesai di sembilan dari 20 titik yang ditargetkan; Pulau Lancang sebanyak 11 titik dari target 20 titik; Pulau Tidung berjumlah 11 titik dari target 30 titik; Pulau Untung Jawa sebanyak 15 titik dari target 20 titik; Pulau Harapan mencapai 14 titik dari target 20 titik; dan di Pulau Kelapa sebanyak tujuh titik dari target 30 titik.

Kemudian, di Pulau Panggang sebanyak 15 titik dari target 20 titik; Pulau Sebira sebanyak 10 titik dari target 20 titik; Pulau Kelapa Dua sebanyak tujuh titik dari target 10 titik; serta Pulau Pari sebanyak 12 titik dari target 10 titik.

"Masih ada 88 sumur resapan lagi yang perlu kami selesaikan. Kita akan kerjakan secepatnya agar paling lambat pada Desember datang sudah selesai secara keseluruhan," jelasnya.

Dia membeberkan bahwa pembangunan sumur resapan menjadi usulan warga yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), serta hasil monitor Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu.

"Selain untuk mengatasi genangan, sumur resapan ini juga penting untuk menjaga kelestarian air tanah," tandasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar