Yamaha

Pemkab Kepulauan Seribu Buka Pendaftaran Anggota FKDM, Mulai 19-14 November! Begini Caranya!

  Jumat, 13 November 2020   Icheiko Ramadhanty
Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kepulauan Seribu, Purnomo / dok

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu membuka pendaftaran anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kelurahan dan kecamatan untuk periode 2021-2023. Pembukaan keanggotaan FKDM mulai dilakukan pada 19 hingga 24 November 2020.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kepulauan Seribu, Purnomo, mengatakan,untuk penerimaan anggota FKDM tersebut dilakukan sosialisasi atau pengumuman mulai 12-18 November 2020.

AYO BACA : Segera Masuk Indonesia, Ini Daftar Harga iPhone 12

"Masyarakat yang berminat bisa mendaftar di kantor kelurahan dan kecamatan masing-masing," ujarnya, dilansir dari pulauseribu.jakarta.go.id, Jumat (13/11/2020).

Purnomo menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang berminat mendaftarkan diri pada keanggotaan FKDM. Mengacu pada Pergub Nomor 138 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, masyarakat yang ingin mendaftar menjadi anggota FKDM harus berusia 25-60 tahun, berpendidikan minimal SMA atau yang sederajat dibuktikan dengan ijazah yang dilegalisir.

AYO BACA : Penemuan Jasad Bayi di Saluran Air Gegerkan Warga Kampung Kramat Cibinong

Selain syarat tersebut, mereka yang mendaftar juga tidak sedang merangkap jabatan sebagai Dewan Kota atau Kabupaten, LMK, Ketua RT/RW, PJLP, PNS, pengurus atau anggota partai politik, TNI/Polri atau lembaga lain yang dibiayai oleh APBD DKI Jakarta.

"Pendaftar wajib melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK, berdomisili atau tinggal menetap di wilayah terkait dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari kelurahan, serta pas foto berwarna ukuran 3x4 berlatar merah sebanyak tiga buah," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk tahapan seleksi administrasi akan dilakukan pada 25-27 November dan akan diumumkan hasilnya 28 November 2020.

"Mereka yang lolos seleksi administrasi masih harus mengikuti ujian tes tertulis pada 2-3 Desember dan seleksi wawancara mulai 14-15 Desember. Untuk pengumuman akhir hasil seleksi akan diumumkan pada akhir Desember 2020," tandasnya.

Nantinya, tugas seorang anggota FKDM adalah untuk mencegah dan mendeteksi dini terhadap konflik sosial seperti gangguan, tindakan, ancaman, keamanan, peristiwa atau bencana di tiap daerah, dalam hal ini daerah Kepulauan Seribu.

AYO BACA : bank bjb KCK Banten Lakukan Sterilisasi Jaringan Kantor

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar