Yamaha

Awal Pekan, Rupiah Menguat Rp14.130 per Dolar AS

  Senin, 16 November 2020   Budi Cahyono
Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. (Suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat pada pembukaan awal pekan ini.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah dibuka menguat ke level Rp 14.130 per dollar AS dibanding penutupan Jumat pekan kemarin yang berada di level Rp 14.170 per dollar AS.

AYO BACA : Kasus Nasabah Maybank, LPS Sebut Hanya Tangani Bank yang Bangkrut

Penguatan itu berlanjut, terpantau pada pukul 09.30 WIB rupiah menguat dari pembukaan di level Rp 14.120 per 1 dolar AS.

Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, penguatan ini didorong dari ditandatanganinya perjanjian dagang multilateral antara 15 negara Asia Pasifik termasuk Indonesia yang disebut RCEP (regional comprehensive economic partnership).

AYO BACA : Tak Bergerak, Harga Emas Antam Rp985.000 per Gram (16 November 2020)

\"Salah satu benefit nya adalah penurunan hingga peniadaan tarif perdagangan antar negara,\" ujar Ariston dalam riset hariannya, Senin (16/11/2020).

Selain itu, lanjut Ariston, sentimen positif juga datang dari pengakuan kemenangan Biden secara tersirat oleh Trump yang paling tidak memberikan harapan politik AS akan lebih stabil pasca pemilu dan AS segera fokus kembali ke soal ekonomi.

\"Hari ini juga ada data neraca perdagangan Indonesia yang akan dirilis yang mungkin akan memberikan sentimen positif ke rupiah karena kemungkinan hasil yang surplus,\" pungkas dia.

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: AFPI Sebut Adanya Vaksin Berdampak Positif terhadap Roda Ekonomi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar