Yamaha

Tak Hanya Pelajar, JakWIFI Juga Dinikmati Pelaku UMKM di Kepulauan Seribu

  Rabu, 18 November 2020   Icheiko Ramadhanty
JakWIFI juga melayani UMKM di Kepulauan Seribu. (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Program fasilitas internet gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta atau yang disebut JakWIFI, dinilai sangat bermanfaat bagi warga Jakarta, terlebih di tengah pandemi saat ini. Fasilitas ini mulai didistribusikan ke seluruh wilayah DKI Jakarta mulai akhir Agustus lalu.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pengadaan JakWIFI untuk membantu anak sekolah dan mahasiswa yang terpaksa sekolah daring akibat pandemi Covid-19.

Namun seiring berjalannya waktu, fasilitas JakWIFI tidak hanya dinikmati oleh pelajar saja, tetapi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga ikut menikmati fasilitas tersebut. Salah satunya yaitu pelaku UMKM di Kabupaten Kepulauan Seribu.

AYO BACA : WFH saat Pandemi? Yuk, Banyak Bergerak untuk Tingkatkan Imun

Mereka mengaku sangat senang dengan adanya akses internet gratis JakWIFI. Mereka mengatakan, JakWIFI memungkinkan para pelaku UMKM semakin mengembangkan usaha melalui pemasaran secara online atau daring. Terlebih, disaat pandemi COVID-19 yang memungkinkan berkurangnya transaksi secara tatap muka.

Salah seorang pelaku UMKM di Pulau Tidung, Mariyam, merasa senang dengan adanya akses internet gratis JakWIFI yang saat ini tersedia di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tidung Ceria.

"Alhamdulillah, bisa mempermudah dan meningkatkan pemasaran usaha produk makanan olahan yang saya jalani," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.id, Selasa (17/11/2020).

AYO BACA : Akhir Pekan, Pemkab Catat 3.157 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

Apresiasi keberadaan JakWIFI juga disampaikan komunitas Jejak Seribu yang juga membina para UMKM di Kepulauan Seribu.

Ketua Jejak Seribu, Andi Hakim mengatakan, jika sebelumnya pelaku UMKM menjual produk dari pulau ke pulau secara konvensional, pameran, dan bazar, saat ini  dengan adanya JakWIFI penjualan atau pemasaran bisa dilakukan secara daring.

"Akses internet gratis ini tidak hanya bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, tapi juga sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM,” jelasnya.

Dia berharap, JakWIFI bisa terus diperbanyak di wilayah Kepulauan Seribu. Sehingga, semakin banyak warga Kepulauan Seribu yang merasakan manfaatnya, terlebih di saat masih terjadi pandemi Covid-19.

"JakWIFI sangat dirasakan sekali manfaatnya. Semoga kedepan semakin banyak titik atau lokasi untuk mengakses internet secara gratis di Kepulauan Seribu," tutur Andi.

AYO BACA : Pemkab Kepulauan Seribu Selesai Bangun 224 dari Total Target 312 Sumur Resapan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar