Yamaha

Gunakan Teknologi HEPA, Garuda Indonesia Dapat Minimalisasi Penularan Covid-19 Selama Perjalanan

  Jumat, 20 November 2020   Icheiko Ramadhanty
Suasana kabin pesawat Garuda Indonesia sebelum lepas landas. (Ayojakarta.com/Icheiko R)

AYOJAKARTA.COM – Melakukan perjalanan di kala pandemi Covid-19 merupakan suatu hal yang patut diwaspadai. Dalam perjalanan, kita akan bertemu dengan banyak orang yang juga melakukan hal yang sama, bahkan kita juga akan bertemu dengan banyak orang ketika sedang menggunakan transportasi umum.

Namun, terdapat sebuah teknologi masa kini yang dapat meminimalisasi kekhawatiran publik terhadap paparan Covid-19 dalam perjalanan ke suatu tempat. Teknologi tersebut bernama HEPA (High-Efficiency Particulate Air) atau penyaringan partikel kuat.

Bagi masyarakat yang bepergian dengan pesawat diharapkan tidak mengalami kekhawatiran yang berlebihan. Pasalnya maskapai berpelat merah, Garuda Indonesia, telah menggunakan teknologi tersebut pada kabin pesawatnya.

HEPA diharapkan dapat menciptakan udara bersih dalam kabin pesawat. Cara kerja HEPA yaitu sebagian udara dalam kabin dihisap dan kemudian dibuang ke luar.

AYO BACA : Dukung Pariwisata Domestik, Garuda Serius Adaptasi Protokol Kesehatan Covid-19

Sementara itu, sisanya dipompa melalui filter udara HEPA. Teknologi ini diklaim bahwa 99% bakteriologis di dalam kabin akan hilang.

Selain itu, Garuda Indonesia juga sangat menerapkan protokol kesehatan tinggi. Protokol kesehatan Covid-19 diterapkan Garuda Indonesia sejak penumpang memasuki area check in, boarding, hingga masuk ke dalam pesawat dan sampai di bandara tujuan.

Pada 17 November 2020, Ayojakarta berkesempatan untuk melakukan perjalanan bersama Garuda Indonesia dengan tujuan Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

Saat memasuki pesawat, penumpang diwajibkan untuk selalu menjaga jarak, bahkan petugas Garuda Indonesia selalu mengingatkan para penumpang untuk memperhatikan protokol kesehatan 3M.

AYO BACA : Garuda Indonesia Tetap Terbang ke Australia dan Belanda

Ketika penumpang sudah sampai di pintu pesawat, mereka diwajibkan untuk menggunakan handsinitizer yang sudah disiapkan. Para pramugari Garuda Indonesia juga menyambut para penumpang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan penggunaan sarung tangan, masker, dan saling jaga jarak.

Sebelum pesawat dengan tipe Airbus A330-300 milik Garuda Indonesia lepas landas, para penumpang selalu diingatkan untuk tetap memakai masker. Maklumat tersebut disampaikan dalam kabin pesawat oleh kru dan pilot Garuda Indonesia.

Ayojakarta juga memperhatikan, Garuda Indonesia memberikan perbedaan pada tempat duduk yang ditumpangi penumpang untuk menerapkan jaga jarak. Jika bantal sandaran bangku berwarna orange, maka kursi tersebut tidak boleh diduduki oleh penumpang. Namun jika bantal sandaran berwarna hijau toska, kursi tersebut berhak diduduki oleh penumpang.

Ketika pesawat mulai lepas landas, beberapa menit kemudian makanan mulai dibagikan kepada penumpang. Makanan dibagikan dalam keadaan tertutup dengan alumunium foil. Selain itu, peralatan makanan juga dibungkus dengan tisu dan plastik tertutup, sehingga kebersihan makanan tetep terjaga.

Saat ini, penerbangan domestik menjadi tangan kanan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk Indonesia. Para pelaku industri pariwisata terus berbenah dengan menyiapkan penerapan protokol kesehatan baik pada objek wisata, hotel, maupun restoran, sehingga tumbuh kepercayaan di kalangan wisatawan pada suatu wilayah, salah satunya di Bali.

Oleh karenanya, Garuda Indonesia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mengupayakan layanan penerbangan aman, gar masyarakat dapat kembali berwisata untuk menikmati #WonderfulIndonesia ke beberapa wilayah eksotis di Indonesia.

Selain itu, Kemenparekraf juga mengimbau agar di saat pandemi, masyarakat dapat berlibur di Indonesia saja. Hal ini juga sesuai dengan slogan kampanye yang diberikan yaitu #diIndonesiaAja.

AYO BACA : Incar Pangsa Pasar di Timteng, Garuda Indonesia Rangkul Agen Travel Haji Khusus dan Umrah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar