Yamaha

Kasus Baru Covid-19 di Catat Rekor Tertinggi Lagi! PSBB Transisi di Jakarta Lanjut ?

  Minggu, 22 November 2020   Eries Adlin
Kasus Baru Covid-19 di Catat Rekor Tertinggi Lagi! PSBB Transisi di Jakarta Lanjut Lagi?

 

AYOJAKARTA.COM – PENAMBAHAN kasus baru positif Covid-19 di DKI Jakarta kembali melejit pada 21 November 2020. Mencapai rekor tertinggi dengan 1.579 kasus baru sejak pasien pertama yang terpapar virus Corona diumumkan pemerintah pada 2 Maret 2020.

Berdasarkan data yang dilansir laman resmi penanganan Covid-19 DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id, sejak 13 November penambahan kasus baru di Ibu Kota selama 24 jam selalu di atas seribu kasus. Catatan 1.579 kasus merupakan kali kedua penambahan kasus harian di atas angka 1.500-an setelah yang terjadi pada 16 September sebanyak 1.505 kasus.

Data rinci tentang perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta pada 21 November bisa dilihat dalam infografis di bawah ini:

Nah, kalau pergerakan penambahan kasus harian di Ibu Kota sejak 2 Maret 2020, ketika pertama kali pasien diumumkan pemerintah pusat, bisa dilihat dari grafik ini:

AYO BACA : PENCAIRAN BLT GURU HONORER: Cara Cek, Syarat & Ketentuan, Waktu Transfer, Rekening Bank, info.gtk.kemdikbud.go.id & pddikti.kemdikbud.go.id

Lantas, apakah penambahan kasus harian tersebut harus membuat warga DKI Jakarta khawatir?

Kalau menurut saya, ya harus! Atau, waspada mungkin kata yang lebih tepat. Pasalnya, menurut Dinas Kesehatan DKI Jakarta, positivity rate atau persentase kasus positif di Ibu Kota selama sepekan terakhir di Jakarta berada di tingkat 9,1%.

Di level nasional, persentase kasus positif secara total berada di tingkat 8,3%. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%.

Apalagi, rekor tertinggi penambahan kasus baru terjadi di tengah status 6 wilayah pemerintahan kota dan kabupaten di DKI Jakarta yang cenderung membaik sejak sebulan terakhir sampai dengan 12 November.

Menurut laman resmi penanganan Covid-19 nasional, www.covid19.go.id, lima pemerintahan kota yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur kini masuk kategori zona oranye atau risiko sedang. Kabupaten Kepulauan Seribu malah sudah masuk wilayah kategori rendah atau zona kuning.

Salah satu faktor yang kerap dianggap sebagai biang keladi penyebaran virus Covid-19 adalah kerumunan massa. Dan, menurut pantuan Ayojakarta, keramaian sudah terlihat di beberapa titik di Ibu Kota menjelang batas akhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Kasus kerumunan orang dalam jumlah besar ketika orang-orang menyambut kembalinya Rizieq Shihab ke Tanah Air. Sejak dari Bandar Udara Soekarno-Hatta sampai dengan acara pernikahan anak dari Imam Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dan maulid Nabi Muhammad di Petamburan, Jakarta Pusat.

Melihat pergerakan penambahan kasus baru di DKI Jakarta, menurut saya sih, Pemerintah Provinsi harus memperpanjang PSBB transisi yang berjalan sejak 9 November dan berakhir hari ini, 22 November 2020.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar