Yamaha

PENCAIRAN BLT GURU HONORER KEMENDIKBUD: Susah Akses info.gtk.kemdikbud.go.id? Silakan Ikuti Tips Ini

  Selasa, 24 November 2020   Aini Tartinia
[ilustrasi] Website info.gtk.kemdikbud.go.id (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Program bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) guru honor senilai Rp1,8 juta bisa cek secara online pencairannya di info.gtk.kemdikbud.go.id dan pddikti.kemdikbud.go.id.

Namun, beberapa warganet di media sosial Twitter tampak mengeluhkan link Info GTK yang susah diakses. Beberapa dari mereka banyak yang mengeluh karena tidak bisa memasuki laman tersebut, bahkan laman website lambat untuk loading.

Sudah bisa login di Info GTK tapi tidak ada menu informasi ‘anda masuk nominasi bantuan BSU’ Padahal sudah masuk dapodik,” tulis akun @genfaid.

Wey ngakses Info GTK jam berapa biar bisa masuk? Soalnya 502 bad gateway mulu capek ngeceknya,” tulis akun @thesoftbunny.

Selamat pagi @Kemdikbud_RI. Saya ingin bertanya mengenai info GTK untuk verval ijazah yang digunakan seleksi P3K

Saya terdaftar di dapodik @Kemdikbud_RI tapi tidak bisa mengakses Info GTK melalui akun PTK saya untuk dapat memeriksa BSU dari pemerintah pusat,” tulis akun @array_str.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT GURU HONORER KEMENDIKBUD: Rp1,8 Juta ke BNI, BRI, BTN, Mandiri Akan Ada Potongan Pajak? Ini Sebabnya!

Nah, untuk mengatasi hal semacam ini silakan kalian buka kembali link Info GTK di waktu yang berbeda. Kemungkinan penyebab utama tidak dapat mengakses info.gtk.kemdikbud.go.id karena terlalu banyak traffic yang mengunjungi link tersebut.

Selanjutnya, kalian tunggu dan cari waktu yang sepi pengunjung, baru buka kembali. Biasanya waktu yang tepat adalah pada jam tengah malam hingga jelang dini hari seperti pukul 12 malam sampai dengan jam 5 pagi.

Diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, bantuan ini akan menyasar kepada sekitar 2 juta orang lebih penerima dengan besaran bantuan yang diberikan adalah Rp1,8 juta untuk masing-masng penerima.

Penerima BLT atau BSU guru honorer terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS (Pegawai Negeri Sipil), yakni guru, dosen, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik anak usia dini (PAUD), dan pendidik kesetaraan.

Tak hanya itu, BLT atau BSU guru honorer juga diberikan kepada tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

Nadiem menyampaikan, dana bantuan ini akan disalurkan sekaligus satu kali sampai dengan akhir November 2020. Terkait mekanisme pencairan, Kemendikbud telah membuat rekening-rekening baru di sejumlah bank penyalur seperti BNI, BRI, BTN, Mandiri untuk setiap PTK penerima BLT atau BSU guru honorer.

AYO BACA : Untuk Para Guru Honorer, Ini Syarat Pendaftaran PPPK 2021!

“Bagi para guru-guru dan dosen bisa mengakses info di info.gtk.kemdikbud.go.id, bisa mengakses di mana rekening mereka, apa persyaratan yang belum dipenuhi. Untuk perguruan tinggi di Pangkalan data Dikti pddikti.kemdikbud.go.id untuk menemukan informasi terkait status pencairan dan lainnya, rekening bank masing-masing, dan lokasi bank cabang,” ujar Nadiem.

Jika ada kendala dalam pelaksanaan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemendikbud, Kementerian menyediakan Unit Layanan Terpadu di gedung C lantai 1, Jln. Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta.

Saluran ULT (Unit Layanan Terpadu) Kemendikbud yang dapat diakses:

• Pusat Panggilan: 177

• Posel: [email protected]

• Portal: kemdikbud.lapor.go.id

• Portal: ult.kemdikbud.go.id

Atau dapat juga menghubungi layanan pengaduan/pelanggan di masing-masing Bank yang menyalurkan BLT sesuai rekening penerima, yaitu BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.

AYO BACA : PENCAIRAN KJP TAHAP 2 NOVEMBER 2020: Masih Dalam Proses, Katanya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar