Yamaha

Seekor Orangutan Dilepasliarkan ke Cagar Alam Tapanuli Selatan

  Selasa, 24 November 2020   Fitria Rahmawati
Orangutan dilepasliarkan di Cagar Alam Dolok Sipirok. [Foto: Istimewa)

TAPANULI SELATAN, AYOJAKARTA.COM - Humas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Tapanuli Selatan, Andoko Hidayat mengemukakan, pihaknya telah melepasliarkan seekor orang utan berusia 35 tahun dengan bobot 63 Kg ke habitatnya. Orangutan tersebut dilepasliarkan di Tapanuli di Cagar Alam Dolok Sipirok.

"Kami menerima informasi dari masyarakat sekitar tentang keberadaan hewan tersebut yang telah memasuki permukiman warga selama 4 hari," katanya, dilansir dari Digtara.com dalam Suara.com - jaringan Ayojakarta, Selasa (24/11/2020).

AYO BACA : Ratna dan Nino, Orangutan Sumatera Menyapa Penggemar Satwa

Pelepasliaran yang berlangsung pada Senin (23/11/2020) tersebut merupakan hasil dari evakuasi di Dusun Padang Bulan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dari laporan tersebut, BKSDA Sumut bekerjasama dengan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL) dan Orangutan Information Center (OIC) turun ke lokasi untuk mengevakuasi hewan mamalia itu.

AYO BACA : 31 Orang Utan Dilepasliarkan

Mengingat, kata dia, kawasan itu jauh dari hutan dan tidak mungkin melakukan penggiringan, tim memutuskan untuk menembak bius Hewan Orangutan. Namun dia memastikan, orangutan tersebut kini dalam kondisi sehat.

Setelah di evakuasi, kata Andoko, dilakukan pemeriksaan kesehatan yang di lakukan oleh Dokter Hewan dari OIC, Drh. Epi. Ia berharap, orangutan tersebut segera dapat beradaptasi di habitat aslinya.

"Kami selalu memonitoring untuk memastikan Orangutan tersebut tetap berada di habitatnya," pungkasnya.

AYO BACA : Wabah Corona, Fasilitas BOS Foundation Ditutup Sementara --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoJakarta.com, dengan Judul Wabah Corona, Fasilitas BOS Foundation Ditutup Sementara, pada URL https://www.ayojakarta.com/read/2020/03/18/13622/wabah-corona-f

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar