Yamaha

PENCAIRAN BLT TERMIN 2 TAHAP 5: Masih Ada 1,9 Juta Orang Belum Cair ke BNI, Mandiri, BCA! Kapan Jadwal Tahap 5? Simak Prediksinya...

  Selasa, 24 November 2020   Aini Tartinia
ilustrasi pencairan BLT termin 2/ Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta termin 2 cair secara bertahap ke 12,4 juta orang. Hingga kini, penyaluran tahap 1 hingga tahap 4 pada termin 2 baru cair ke 10,48 juta orang. Artinya, masih ada 1,9 juta penerima yang belum cair.

Lalu, kapan pencairan untuk tahap 5? Jika dicermati, pencairan BLT atau BSU termin 2 dari tahap 1 sampai tahap 4 maka terlihat model pencairan kemungkinan dua kali dalam satu minggu. Pencairan tahap 1 dilakukan pada Senin, 9 November 2020, lalu tahap 2 cair pada Jumat, 13 November 2020, sedangkan tahap 3 cair pada Senin, 16 November 2020, dan baru-baru ini tahap 4 cair pada Jumat, 20 November 2020.

Melihat dari model pencairan ini, dapat diperkirakan atau diprediksi BLT atau BSU termin 2 tahap 5 kemungkinan cair antara hari ini atau dalam minggu ini. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, sebelumnya mengatakan bakal terus berupaya mempercepat proses penyaluran dana subsidi bagi para pekerja formal.

"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja dan buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," kata Ida di Jakarta, Senin (9/11/2020) lalu.

AYO BACA : BSU GURU HONORER KEMENDIKBUD: Rp1,8 Juta Sudah Mengalir ke 1,2 Juta Rekening Bank Mandiri, BTN, BRI & BNI

BLT atau BSU disalurkan kepada para pekerja atau buruh yang bergaji kurang dari Rp5 juta per bulan. Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji sebesar Rp600 ribu disalurkan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta.

Bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin 1 sebesar Rp1,2 juta pada September 2020 hingga Oktober 2020 dan termin 2 sebesar Rp1,2 juta pada November 2020 hingga Desember 2020.

Adapun, Ida memastikan kriteria pekerja dengan kepemilikan 7 rekening berikut tidak bakal mendapatkan transferan dana BLT atau BSU termin 2 ke rekening BNI, Mandiri, BRI, BCA dan swasta lainnya.

Ketujuh rekening tersebut ialah rekening yang diduplikasi, rekening tidak sesuai NIK, rekening yang sudah tidak aktif (tutup), rekening pasif, rekening tidak valid, rekening telah dibekukan oleh Bank, dan rekening tidak terdaftar.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT GURU HONORER KEMENAG: Rp600 ribu Cair ke BNI, Mandiri, BRI Bagi GTK yang Terdaftar di Sini!

Nah, bagi para pekerja yang telah merasa memenuhi syarat, tetapi belum dapat transferan dana BLT atau BSU termin 2 ke rekening atau bahkan mengalami kendala saat proses pencairan dana subsidi gaji, harap segera melapor ke situs Kemnaker dengan cara:

1. Buka link https://kemnaker.go.id/

2. Pilih kanal Subsidi Upah atau https://bsu.kemnaker.go.id/

3. Atau bisa langsung klik https://bantuan.kemnaker.go.id/support/home

4. Masukkan laporan atau pertanyaan seputar BLT ini ke kanal yang tersedia

AYO BACA : PENCAIRAN BLT GURU HONORER KEMENDIKBUD: Rp1,8 Juta ke BNI, BRI, BTN, Mandiri Akan Ada Potongan Pajak? Ini Sebabnya!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar