Yamaha

PENCAIRAN BLT TERMIN 2 TAHAP 5: Cair ke 1,9 Juta Orang? Awas, Bisa Gagal Cair ke BNI, Mandiri, BCA Jika Ditemukan Hal Ini

  Rabu, 25 November 2020   Aini Tartinia
ilustrasi uang (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) termin 2 untuk tahap 5 sudah mulai cair hari ini. Hal tersebut diumumkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Instagram resmi @kemnaker tanpa menyebutkan jumlah pekerja yang disalurkan.

BLT atau BSU termin 2 cair secara bertahap ke 12,4 juta orang. Hingga kini, penyaluran tahap 1 hingga tahap 4 pada termin 2 baru cair ke 10,48 juta orang. Artinya, masih ada 1,9 juta penerima yang belum cair.

Rincian penyaluran BLT atau BSU termin 2 sejauh ini adalah tahap 1 disalurkan kepada 2,1 juta orang penerima, tahap 2 disalurkan kepada 2,7 juta orang penerima, tahap 3 disalurkan kepada 3,1 juta orang penerima dan tahap 4 untuk 2,4 juta orang penerima.

Bagi kalian yang merasa berhak mendapatkan BLT atau BSU termin 2, tapi masih belum menerima, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mendorong agar segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek. Hal itu dilakukan agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki.

"Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker," ujar Ida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/11/2020) lalu.

Diketahui, BLT atau BSU Kemnaker adalah subsidi yang diberikan bagi pekerja formal berpendapatan kurang dari Rp5 juta per bulan yang terdaftar aktif di BP Jamsostek sampai 30 Juni 2020. Bantuan pemerintah berupa subsidi sebesar Rp600 ribu per bulan itu disalurkan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta.

BLT atau BSU itu disalurkan secara bertahap, yakni termin 1 kepada masing-masing penerima sebesar Rp1,2 juta pada September 2020 hingga Oktober 2020 dan termin 2 sebesar Rp1,2 juta pada November 2020 hingga Desember 2020.

Beberapa waktu lalu, Instagram @kemnaker juga mengunggah penyebab atau kendala BLT atau BSU Rp1,2 juta tidak dapat segera dicairkan ke rekening:

Cek Rekeningmu Yuk Rekanaker! Karena masih ditemukan berbagai kendala dalam penyaluran Bantuan Subsidi Gaji/Upah

1. Rekening tidak sesuai nomor induk kependudukan (NIK)

2. Rekening yang sudah tidak aktif

3. Rekening Pasif

4. Rekening yang tidak terdaftar

5. Rekening telah dibekukan oleh bank

Oleh sebab itu, untuk mengatasi kendala belum cairnya uang BSU atau BLT ke rekening masing-masing calon penerima, kalian diminta memastikan rekening yang didaftarkan. Pasalnya, kendala ini juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan subsidi upah untuk para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta tak kunjung cair.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar