Yamaha

Pencairan BLT Pekerja Tahap 2: Batch 5 Cari ke 567 Ribu Rekening Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan juga BCA

  Kamis, 26 November 2020   Aini Tartinia
Pencairan BLT Pekerja Tahap 2: Batch 5 Cari ke 567 Ribu Rekening Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan juga BCA (ilustrasi)/republika/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) tahap 2 untuk batch 5 periode November 2020 hingga Desember 2020 resmi cair ke kepada 567 ribu rekening para penerima di Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan juga BCA.

“Pemerintah kembali menyalurkan bantuan subsidi gaji tahap (batch) 5 untuk termin kedua ini kepada 567 ribu pekerja,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, dalam keterangan tertulis, Rabu (25 November 2020).

Ida menjelaskan secara rinci realisasi penyaluran BLT atau BSU tahap 2 oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sejak batch 1 sampai dengan batch 5, yakni:

Tahap 1 tersalurkan kepada 2.18 juta orang pekerja

Tahap 2 tersalurkan kepada 2,71 juta orang pekerja

Tahap 3 tersalurkan kepada 3,14 juta orang pekerja

Tahap 4 tersalurkan kepada 2,44 juta orang pekerja

Tahap 5 tersalurkan kepada 567 ribu orang pekerja

“Penyaluran BSU ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara, " ujar Ida.

Namun, dari beberapa informasi yang didapat masih banyak pekerja dan buruh yang belum menerima bantuan tersebut. Oleh karena itu segera cek pencairan dana bantuan ke rekening kalian di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id atau BPJSTKU.

BPJSTKU, adalah layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk- mendapatkan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan. Tersedia juga informasi profil peserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online.

Untuk memastikan BLT atau BSU termin 2 tahap 5 cair, segera simak langkah-langkah berikut:

1. Klik link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Klik "daftar pengguna" (bagi yang belum punya akun)

3. Pilih Segmen "PU" (Penerima Upah)

4. Masukkan e-mail

5. Kemudian klik "kirim"

6. Setelah itu, link verifikasi akan dikirimkan melalui email anda. Dan ikuti instruksi selanjutnya.

7. Kemudian masuk kembali ke link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan login dengan e-mail dan password yang sudah sudah didaftarkan

8. Setelah masuk ke dashboard, klik “Kartu Digital” dan klik gambar kartu

9. Lalu akan muncul data diri dan status aktif atau tidaknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan nomor rekening.

Tak hanya itu, para karyawan juga bisa melakukan pengaduan secara langsung di kemnaker.go.id jika terjadi masalah pencairan BLT atau BSU tahap 2 batch 5.

Pengaduan ini juga dapat melalui Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) BPJS ketenagakerjaan yang dapat diakses di Website BPJS Ketenagakerjaan di link sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar