Yamaha

Pencairan BLT Termin 2 Baru Menyasar 11 Juta Pekerja! Bakal Ada Tahap 6? Simak Prediksi Ini

  Kamis, 26 November 2020   Aini Tartinia
ilustrasi uang BLT/ shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta tengah bahagia, lantas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) termin 2 untuk tahap 5.

Pencairan dilakukan mulai Selasa 24 November 2020. Namun, apakah BLT atau BSU termin 2 bakal diperpanjang penyalurannya hingga tahap 6? Berikut kemungkinannya.

Pasalnya, BLT atau BSU termin 2 untuk tahap 5 ini Kemnaker mencairkan dana insentif senilai Rp1,2 juta kepada 567 ribu penerima. Jadi, jumlah total keseluruhan pekerja yang telah menerima pada termin 2  mencapai 11 juta pekerja.

Namun, total keseluruhan pekerja yang menerima BLT atau BSU termin 2 belum mencapai target yang ditetapkan oleh Kemnaker sesuai data pada termin 1, yakni total seluruhnya adalah 12,4 juta pekerja. Sehingga, mungkinkah sisa yang belum tersalurkan merupakan pekerja atau buruh dengan data yang bermasalah?

Jika benar, sisa dana yang belum tersalurkan merupakan data yang bermasalah dari pekerja, akankah dana BLT atau BSU termin 2 tersebut kembali ke kas negara atau disalurkan kembali pada tahap susulan? Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Kemnaker.

AYO BACA : Pencairan BLT Pekerja Tahap 2: Batch 5 Cari ke 567 Ribu Rekening Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan juga BCA

Untuk itu, jika pekerja atau buruh mengeluhkan terkait dana BLT atau BSU termin 2 yang belum juga cair, segera melapor, baik ke manajemen perusahaan atau BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek.

Hal tersebut juga telah diingatkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah. "Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan, sehingga menyelesaikan data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga", ujar Ida.

Berikut ini layanan bantuan yang bisa dihubungi pekerja atau buruh jika memiliki keluhan kendala pencairan dana BLT atau BSU termin 2:

a. Telp: 021-5255733

b. Call Center: 021-50816000

AYO BACA : 2021 Menanti! Saatnya Tingkatkan Ambisimu Bersekolah di Eropa. Ini 7 Alasan Kuliah di Eropa

c. tau melalui layanan aduan di kemnaker.go.id.

d. Login melalui BPJSTK Mobile

e. Login melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

f. Melalui SMS. Pengecekan saldo JHT juga bisa digunakan sekaligus untuk mengetahui apakah status kepesertaan masih aktif atau tidak.

g. Melalui WhatsApp. Selain melalui web dan SMS kalian dapat mengecek lewat Whatsapp dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.

Nah, itu tadi cara cek apakah kalian terdaftar atau tidak sebagai penerima BLT atau BSU termin 2, jika sudah diinformasikan Kemnaker pasti cair terutama kepada para pekerja yang bergaji dibawah Rp5 juta. Semoga bermanfaat.

AYO BACA : Hasil Liga Champions: Munchen Pastikan Lolos ke Babak 16 Besar Usai Kalahkan Salzburg 3-1

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar