Yamaha

Banjir Tasikmalaya Nyaris 1 Meter, Warga Sebut Terparah

  Kamis, 26 November 2020   Fitria Rahmawati
Rumah warga yang terendam banjir di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (25/11/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOJAKARTA.COM - Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya pada Rabu (25/11/2020) mencapai ketinggian hingga 80 centimeter. Banjir tersebut merendam puluhan rumah di 3 kampung yang berada di 3 desa di Kecamatan Ciawi.

Menurut Enjang, salah seorang warga Kampung Nampong, Desa Ciawi yang rumahnya kebanjiran, banjir datang secara tiba-tiba disaat hujan deras mengguyur wilayah Ciawi dan sekitarnya. Banjir yang masuk ke rumah-rumah warga merupakan air luapan beberapa sungai yang melintasi pemukiman.

"Ini di belakang rumah kan ada sungai. Airnya meluap dan masuk ke rumah. Ketingian air di dalam rumah sekitar 80 centimeter," ujar Enjang, Kamis (26/11/2020).

AYO BACA : Setelah Divaksin Anti Covid-19, Berapa Lama Kekebalan Tubuh Bertahan? Ini Penjelasan Eijkman

Ia menuturkan, banjir kali ini terbilang cukup parah. Dalam setahun ada saja banjir lantaran luapan air sungai.

"Jadi tiap tahun banjir suka ada tetapi tidak berlangsung lama dan cepat surut. Seingat saya dulu pernah banjir seperti ini tahun 2013,"ungkapnya.

Warga lainnya, Rosna mengatakan, banjir juga merendam sebagian bangunan sekolah SMP 1 Ciawi yang berada di Desa Sukamantri. Beberapa kelas yang letaknya berdekatan dengan sungai teremdam banjir sekitar 60 centimeter.

AYO BACA : Wujudkan RTH Ketahanan Pangan, DKI dan Koopsau I Tanam 50 Jenis Bibit Pohon

"Hanya ruangan kelas yang di bawah dan dekat sungai saja yang terendam banjir," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciawi Kompol Dies Ratmono mengatakan, musibah banjir yang yang terjadi pada hari Rabu (25/11/2020) sore, hanya berlangsung singkat. Air yang merendam puluhan rumah sudah mulai surut dalam waktu lebih kurang satu jam.

"Alhamdulillah, sampai saat ini kami tidak menerima laporan adanya korban, baik korban luka maupun jiwa," tuturnya.

Pantauan AyoTasik.com, sejumlah warga yang rumah sempat tergenang banjir nampak masih bersih-bersih rumah dari kotoran atau lumpur yang terbawa air banjir ke dalam rumah. (Heru Rukanda/ Ayotasik) 

AYO BACA : Arsenal Incar Gelandang Muda Sheffield United

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar