Yamaha

RS Ummi Belum Swab Rizieq Shihab: Dari Hasil Screening di Tim Kami, Alhamdulillah Tidak Mengarah ke Covid-19

  Jumat, 27 November 2020   Fitria Rahmawati
Pentolan FPI Rizieq Shihab/ Suara.com

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA.COM -  Kehadiran Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab di Indonesia pada 10 November, banyak pihak yang meminta dia mengisolasi diri sementara. Namun hal itu sama sekali tak dilakukan Rizieq. Ia bahkan menikahkan putrinya dengan membuat resepsi pernikahan dengan kerumunan massa 10 ribu tamu undangan.

Usai menikahkan putrinya, Rizieq masih enggan melakukan tes swab sebagai antisipasi penularan kepada keluarga dan para pengikutnya. Namun, lagi-lagi Rizieq tak mendengarkan saran dari pemerintah. Hingga akhirnya ia kini dirawat di RS Ummi Kota Bogor. Lantas, masihkah Rizieq enggan mengikuti tes deteksi corona?

Direktur RS Ummi, Andi Tata mengatakan, pihaknya belum melakukan tes swab kepada Rizieq. Alasannya, Rizieq tak bergejala. Ia mengaku akan mendiskusikan ketersediaan keluarga Rizieq untuk dilakukan swab tes, dan berdiskusi dengan tim medis. Ini tentu sangat berbeda dengan masyarakat biasa yang wajib ikut tes swab jika memiliki risiko tinggi seperti usai berkerumun, atau datang dari luar negeri.

AYO BACA : Rizieq Shihab Dirawat di RS Ummi Bogor, Bima Arya Desak Tes Swab

"Saat ini kita belum lakukan swab, karena secara ini kan beliau belum terindikasi. Tadi juga saya sudah komunikasi dengan Wali Kota. Tadi menyarankan agar dilakukan swab. Karena beliau kan kegiatannya banyak kemarin ini," katanya.

"Kita akan diskusi dengan tim medis di kami, kemudian dengan beliau juga (pihak keluarga), apakah bersedia atau tidak. Tadi kan baru screening saja," jelasnya.

"Kemungkinan besar bisa atau tidaknya (melakukan swab) setelah berdiskusi dengan pihak keluarga. Nanti kita lihat saja sesuai dengan indikasinya dan sebagainya gitu. Kalau saat ini sih semuanya belum ada indikasi," ucapnya.

AYO BACA : Rizieq Shihab Dirawat di RS Ummi Bogor, Bima Arya Desak Tes Swab

"Kalaupun ternyata positif, kita nanti berbicara OTG (Orang Tampa Gejala) karena beliau tidak ada gejala ke situ. Tapi kan namanya juga kontak dengan banyak orang, kita nggak tahu lihatnya nanti kedepan langkah pastinya. Nanti akan kita lakukan setelah diskusi tim medis dan perwakilan keluarga bagaimana, setuju atau tidak," tukasnya.

Andi mengatakan, Rizieq sempat masuk di UGD. Alasannya, Rizieq mengalami kelelahan lantaran aktifitasnya yang padat. Ia mengklaim hasil screening yang sudah dilakukan pihak rumah sakitnya tak mengarah ke gejala Covid-19. Padahal, itu hanya hasil screening tes kesehatan, belum menggunakan tes deteksi corona seperti swab test. 

Meski sempat dilarikan ke UGD, Andy menjawab kondisi Rizieq kini baik-baik saja. "Habib dirawat sudah hari kedua menjalani perawatan di RS Ummi. Beliau saat ini dirawat di ruangan biasa, di President suite," tandasnya.

Rizieq tak sendirian di RS Ummi. Ia dikabarkan dirawat bersama istrinya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meminta kepada pihak RS Ummi Bogor agar segera melakukan swab test kepada Rizieq Shihab. Itu lantaran banyak warga tak bergejala namun terinfeksi corona. Bima bahkan tak segan akan membubarkan kerumunan massa jika nekat menjenguk Rizieq dan berkerumun sehingga menimbulkan risiko penularan Corona.

AYO BACA : VAKSIN COVID-19: Simpulan Sementara, Vaksin Sinovac Dinyatakan Aman

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar