Yamaha

Pemkab Kepulauan Seribu Ingin Bangun Kampung Tanggap Bencana di 6 Kelurahan

  Jumat, 27 November 2020   Icheiko Ramadhanty
Pemkab Kepulauan Seribu Ingin Bangun Kampung Tanggap Bencana di 6 Kelurahan

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Salah satu kampung di Kepulauan Seribu menjadi percontohan sebagai kampung tanggap bencana. Kampung tersebut terletak di Pulau Lancang RT 03/03 Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, membeberkan bahwa sebelumnya permukiman warga Pulau Lancang merupakan kawasan yang kerap terdampak rob (banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang). Dia membeberkan, Pulau Lancang terakhir kali mengalami rob pada Juli 2020 lalu, dimana ada 30 rumah warga yang terdampak banjir rob.

Namun, saat ini, berbagai posko bencana sudah didirikan di Pulau Lancang. Posko bencana tersebut lengkap dengan sarana prasarana pendukung.

“Saat ini posko bencana sudah berdiri berikut dengan sarana prasarana pendukung seperti dapur umum dan posko kesehatan,” katanya seperti dilansir beritajakarta.id, Kamis (26 November 2020).

Menurut Junaedi, pihaknya sengaja memilih lokasi tersebut sebagai kampung tanggap bencana untuk memberikan perlindungan kepada warga yang terdampak musibah banjir rob maupun cuaca ekstrem.

Karena hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu berambisi ingin membangun kampung tanggap serupa lainnya di enam kelurahan yang ada di wilayah lainnya. Namun, Junaedi belum membeberkan ke-enam kelurahan tersebut.

“Selain di Pulau Lancang, kampung tanggap bencana rencananya juga akan dibangun di enam kelurahan lain.”

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar