Yamaha

Setahun Ada 22 Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Daop 1, KAI Gelar Sosialisai Disiplin Lalu Lintas

  Jumat, 27 November 2020   Aini Tartinia
PT KAI Daop 1 Jakarta gelar sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang di Stasiun Kebayoran, Jakarta Selatan/dok: Humas PT KAI Daop 1 Jakarta

KEBAYORAN LAMA, AYOJAKARTA.COM – Disiplin masyarakat masih rendah dalam berlalu lintas melewati perlintasan kereta api. PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 menggelar kegiatan sosialisasi di perlintasan sebidang, yakni JPL nomor 50 Stasiun Kebayoran, pada Kamis kemarin.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Eko Purwanto menyatakan, tercatat sejak Januari 2020 hingga November 2020 telah terjadi 22 kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api, dengan data korban meninggal sebanyak 5 orang, luka berat 7 orang, dan luka ringan sebanyak 13 orang.

AYO BACA : Tekan Penyebaran Covid-19, Masjid Al Jihad Kelapa Gading Disemprot Disinfektan

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan sosialisasi yang rutin dilakukan berkala ini turut menggandeng instansi keamanan setempat dan pecinta kereta api. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui pembagian stiker himbauan, pembentangan spanduk dan poster berisi imbauan, serta aksi teatrikal korban kecelakaan di perlintasan sebidang. Selain itu selama kegiatan sosialisasi berlangsung para petugas juga melakukan pembagian masker bagi para pengendara.

AYO BACA : Innalillahi, Jurnalis Metro TV Meninggal Dunia dalam Kecelakaan di Cakung

Sementara itu, Eko menekankan pengguna jalan harus mendahulukan jalannya KA. "Perjalanan kereta api lebih diutamakan karena jika terjadi kecelakaan dampak dan kerugian yang ditimbulkan dapat lebih besar, maka dari itu pintu perlintasan utamanya difungsikan untuk mengamankan perjalanan KA,” kata Eko.

Dia mengingatkan, pengendara wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan atau ada isyarat lain. Pengendara juga wajib memastikan kendaraannya dapat melewati perlintasan sebidang dengan selamat, serta wajib memastikan pula kendaraannya keluar dari perlintasan sebidang apabila mesin kendaraan tiba-tiba mati di perlintasan sebidang. 

Bagi pejalan kaki, wajib berhenti sejenak sebelum melintasi perlintasan sebidang, menengok ke kiri dan kanan untuk memastikan tidak ada kereta api yang akan melintas.

Adapun, total perlintasan sebidang di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 452, yang terbagi menjadi perlintasan sebidang resmi 244 dan liar 208. Sedangkan untuk perlintasan tidak sebidang yang telah difasilitasi flyover dan underpass sebanyak 59 titik. 

Selain itu, PT KAI bersama DJKA Kemenhub dan Pemda setempat terkait penutupan sejumlah perlintasan sebidang, atau membangun fasilitas flyover dan underpass di sejumlah titik untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

AYO BACA : Rencanakan Perjalanan via Kereta, Ini Jadwal Jarak Jauh November dan Desember

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar