Yamaha

Setelah Jakarta, Rumah Sepeda Indonesia Kini Hadir di Bandung

  Minggu, 29 November 2020   Budi Cahyono
Suasana Rumah Sepeda Indonesia (RSI) di Kota Bandung. (Ayobandung/Nur Khansa)

AYO BACA : Wheels Make Movement, Kampanye Pesepeda Membantu Pekerja Informal Terdampak Covid-19

AYO BACA : Sepeda Treadmill Bikin Heboh Warganet, Ternyata Dibikin Tukang Tambal Ban di Semarang

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Wadah berkumpulnya para komunitas sepeda, Rumah Sepeda Indonesia (RSI) resmi diluncurkan di Kota Bandung, Minggu (29/11/2020).

Setelah hadir di Jakarta dan Semarang, Kota Bandung dipilih sebagai salah satu base camp RSI karena dinilai memiliki kesiapan yang cukup untuk menampung kegiatan berbagai komunitas sepeda.

"Lokasi RSI kita siapkan di beberapa kota dengan berbagai variabel kesiapan seperti lokasi dan anggaran. Kebetulan Bandung memenuhi semua kriteria yang kita tentukan, maka kita pilih hari ini untuk launching," ungkap Ketua Bike to Work (B2W) Indonesia, Poetoet Soedarjanto ketika ditemui di sela peresmian.

RSI Kota Bandung terletak di Jalan Sumbawa nomor 28. Di area yang menyatu dengan kedai kopi tersebut, terdapat beberapa toko yang menyediakan aksesori, apparel hingga spare part sepeda.

Tak sekedar toko, Poetoet mengatakan RSI juga sekaligus merupakan wadah para pegiat komunitas sepeda untuk saling berdiskusi dan berkolaborasi. Salah satunya untuk mewujudkan Kota Bandung sebagai kota yang ramah untuk pesepeda dan meningkatkan jumlah pengguna sepeda sebagai transportasi sehari-hari.

"Kami bangun semacam sekretariat bersama. RSI ini dapat jadi wadah kawan-kawan pegiat sepeda apapun klub komunitasnya, untuk merancang, menggali dan menjalankan ide dalam mengajak masyarakat luas menggunakan sepeda sehari-hari," ungkapnya.

Bersama B2W, Poetoet mengatakan, RSI Kota Bandung mewadahi empat pilar kegiatan. Yakni advokasi kebutuhan para pengguna sepeda, edukasi, kampanye hingga kegiatan sosial.

"Empat kegiatan ini yang kita dorong untuk dilakukan teman-teman komunitas sepeda hingga pada titik tertentu, sepeda bisa betul-vetul jadi alat mobilitas warga," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan pihaknya mendukung keberadaan RSI yang diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan sepeda. Pihaknya juga saat ini telah menyediakan tujuh titik jalur sepeda yang akan terus dikembangkan.

"Di tahun anggaran 2021 insyaallah akan menambah jalur sepeda sehingga memberikan kemudahan bagi penggemar sepeda di Kota Bandung," ungkapnya. (Nur Khansa)

AYO BACA : 5 Rekomendasi Sepeda Lipat Harga Ramah di Kantong

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar