Yamaha

Dana KJP Plus Tahap 2 November Tahun 2020 Tidak Keluar? Jangan Lupa Cek Peserta Lewat 7 Langkah Ini

  Senin, 30 November 2020   Aini Tartinia
ilustrasi KJP

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Bagi pelajar DKI Jakarta yang merupakan peserta Kartu Jakarta Pintar atau KJP Plus Tahap 2, pencairan dana KJP Plus Tahap 2 November Tahun 2020 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat telah dijadwalkan cair mulai Jumat, 27 November 2020.

Kali ini, pencairan KJP Plus Tahap 2 berbeda daripada sebelumnya yang biasanya dijadwalkan dalam rentang waktu tiga hingga empat hari, bahkan paling lama sepekan. Pada KJP Plus Tahap 2, pencairan dana tiap jenjang pendidikan dilakukan serentak di tanggal yang sama.

Pencairan untuk SD/SLB/MI akan mendapatkan Rp250 ribu per bulan, lalu SMP/SMPLB/MTs/PKBM menerima total bantuan Rp300 ribu per bulan, sedangkan SMA/SMALB/MA mendapatkan total bantuan RP420 ribu per bulan, SMK menerima dana bantuan Rp450 ribu per bulan, dan khusus mahasiswa sebesar Rp9 juta per bulan.

Cek kepastian nama peserta

1. Buka aplikasi browser di ponsel anda, lalu ketik di kotak alamat web atau kolom pencarian bit.ly/cekkjp2020. Setelah itu, klik enter pada keyboard ponsel kalian.

2. Setelah itu muncul tampilan folder bertuliskan Daftar Calon Penerima KJP Tahun 2020 Tahap 2. Lalu, klik dan muncul folder DKI Jakarta, klik kembali sampai ada 5 folder yang masing-masing terdiri dari wilayah di ibu kota.

3. Setelah itu, nanti muncul 5 folder kota administrasi di ibukota. Pilih kota sesuai dengan alamat sekolah putra dan putri kalian. Contohnya, jika putra dan putri kalian bersekolah di wilayah Jakarta Selatan, klik folder Jakarta Selatan dan kemudian muncul masing-masing 10 folder per kecamatan di wilayah tersebut.

4. Misalnya posisi sekolah putra dan putri kalian berada di Kecamatan Pancoran, klik dua kali folder tersebut dan nanti akan ditampilkan 6 jenis dokumen sesuai jenjang sekolah yang ada di kecamatan tersebut, yakni terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pancoran, Madrasah Aliyah (MA) Pancoran, Madrasah Tsanawiyah (MTS) Pancoran, SD Pancoran, SMP Pancoran, SMA Pancoran, dan SMK Pancoran.

5. Perlu diketahui satu jenis dokumen tersebut berisikan seluruh nama sekolah yang ada di Kecamatan Pancoran. Misal, jika anak kalian bersekolah di salah satu MA Pancoran, data nama beserta sekolah bercampur dengan sekolah MA lainnya di dalam data tersebut.

6. Untuk mencari nama anak kalian langsung saja klik dokumen yang sesuai dengan jenjang sekolah, lalu klik simbol titik tiga yang berada di kanan atas ponsel, lalu akan muncul menu kotak bertuliskan “Cari dang anti”, kemudian klik dan ketik nama putra dan putri kalian.

7. Jika nama anak kalian beserta sekolahnya muncul, berarti terdaftar sebagai calon penerima KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020. Namun, kalian harus konfirmasi kembali ke pihak sekolah bahwa apakah telah disetujui pihak sekolah atau belum. Jika sudah, kalian tinggal tunggu pencairan dana pencairan dana KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020.

Manfaat setelah pencairan?

Jika kalian lolos mendapatkan kartu KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020 dari Pemprov DKI, pemberian dana biasanya dibagi dua yakni dana rutin dan dana berkala. Dana rutin dapat dipergunakan mulai tanggal 1 hingga 3 setiap bulan dan Dana Berkala dapat mulai digunakan untuk belanja keperluan sekolah pada libur semester

Namun, kebijakan itu diubah selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Seluruh dana yang diberikan bisa ditarik tunai.

Dana berkala juga diberikan tiap bulan, bersamaan dengan dana rutin.

Misalnya, siswa SD biasanya mendapatkan dana rutin Rp135 ribu per bulan, Rp100 ribu bisa ditarik tunai. Sementara itu, sisanya untuk belanja pangan murah secara non-tunai. Kini, dana Rp135 ribu itu bisa ditarik tunai seluruhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar