Yamaha

Masih Banyak Orang yang Terjaring Operasi Tertib Masker di Jakarta

  Senin, 30 November 2020   Eries Adlin
Masih Banyak Orang yang Terjaring Operasi Tertib Masker di Jakarta /ilustrasi

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemprov DKI Jakarta terus menggelar kegiatan operasi tertib masker di beberapa wilayah. Masih banyak saja orang yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Sebagai contoh, di Jalan Mangga Besar IX, Taman Sari, Jakarta Barat, sebanyak 23 warga terjaring dalam operasi tertib masker. Camat Taman Sari, Risan H Mustar, mengatakan operasi tertib masker tersebut merupakan bagian dari pengawasan dan pendisplinan protokol kesehatan yang rutin dilakukan oleh pihaknya untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. 

“Hari ini ada 23 pelanggar, rinciannya 20 pelanggar diberikan sanksi kerja sosial dan tiga pelanggar diberikan sanksi denda administrasi,” kata Risan, Senin (30 November 2020), seperti dilansir laman resmi Pemprov DKI, beritajakarta.id.

Dia menambahkan pihaknya juga rutin mengkampanyekan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) pada warga. “Harapannya sanksi ini bisa memberikan efek jera bagi pelanggar dan warga semakin mematuhi protokol Kesehatan.”

Pada hari yang sama, operasi tertib masker yang dilakukan petugas gabungan Satpol PP, Dishub, TNI dan Polisi di Jalan Pinang Raya, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak dan di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menindak 16 pelanggar.

Di Jalan Pinang Raya petugas menindak 10 warga pelanggar dan di Jalan Raya Ragunan terjaring enam pelanggar.

Camat Cilandak, Mundari, mengatakan kegiatan yang melibatkan 30 lebih petugas gabungan ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan penertiban protokol kesehatan demi mewujudkan masyarakat yang sehat, aman dan produktif.

“Semua pelanggar dikenakan sanksi sosial membersihkan sampah di lokasi,” ujarnya.

Sementara itu, enam pelanggar yang terjaring di Jalan Raya Ragunan. Empat orang dikenakan sanksi sosial membersihkan sampah dan dua dijatuhkan sanksi denda administrasi masing-masing Rp 100.000.

Kasatpol PP Kecamatan Pasar Minggu, Jumingke Sihole, mengatakan dalam operasi tersebut pihaknya menerjunkan 20 petugas gabungan.

Jumingke berharap penindakan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Semoga ini menyadarkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol Kesehatan.”

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar