Yamaha

Pimpinan DKI Jakarta Positif Covid-19, Pembahasan APBD Tetap Berjalan

  Rabu, 02 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Pembahasan APBD DKI Jakarta 2021 tetap berjalan meski Anies dan Wakilnya Riza Patria positif Covid-19/ Suara.com

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati mengemukakan, pembahasan APBD DKI Jakarta tetap berjalan meski para pemimpinnya yakni Gubernur Anies Baswedan dan Wakilnya Riza Patria dinyatakan positif Covid-19. Komunikasi pembahasan APBD tersebut akan dilaksanakan secara intens, dan ikut terlibat dalam rapat di DPRD.

“Para Kepala Perangkat Daerah saat ini masih terus mengikuti pembahasan APBD 2021 bersama DPRD DKI Jakarta yang, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, dipimpin langsung oleh Sekda selaku Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) bersama para Asisten Sekda dan OPD lainnya. Kami berharap mudah-mudahan pembahasannya cepat selesai, insya Allah,” ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Di sisi lain, Sri menambahkan, kegiatan contact tracing (pelacakan kontak) juga dilakukan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sehingg dapat segera ditangani dengan baik dan tidak meluas. Ia pun berharap agar seluruh warga Ibu Kota dapat terus saling mengingatkan dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini.

“Marilah kita saling mengingatkan, saling mendukung, dan saling memfasilitasi, berkolaborasi, bergotong royong untuk tegaknya protokol kesehatan di setiap tempat dan setiap waktu,” tutur Sri.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap PCR pada Selasa (1/12/2020) dini hari. Sebelumnya Anies menjalani tes usap tersebut di Balai Kota DKI Jakarta, pada Senin (30/11/2020) siang.

Anies mengaku melakukan tes usap (swab test) Covid-19 secara rutin. Ia mengungkapkan, sempat melakukan tes usap antigen pada Minggu (29/11/2020) dan hasilnya dinyatakan negatif. Beberapa hari sebelumnya dia bahkan menyampaikan bahwa melakukan pertemuan atau rapat rutin bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza).

Ariza terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19, pada Minggu (29/11/2020). Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes usap yang ia jalani.
Ariza sebelumnya telah menjalani dua kali tes usap atau PCR.

Pada tes pertama, yakni Kamis (26/11/2020), hasilnya dinyatakan negatif. Kemudian dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11/2020) dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara itu, berdasarkan hasil pelacakan kontak (tracing) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ariza diketahui tertular dari staf pribadinya.

Meski demikian, Anies dan Ariza mengungkapkan, kondisi mereka saat ini dalam keadaan baik. Keduanya pun tengah menjalani isolasi mandiri di lokasi berbeda selama dua minggu ke depan.

Selain itu, sesuai protokol kesehatan yang berlaku, maka ada unit kantor Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan ditutup sementara selama tiga hari. Namun, penutupan itu tidak akan menghambat pelayanan terhadap masyarakat di kompleks Balai Kota DKI.

"Seperti juga unit kantor wakil gubernur di Blok B sudah ditutup. Gedung utama Balai Kota, yang lokasinya berbeda dengan kantor gubernur dan wakil gubernur akan tetap akan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12/2020).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar