Yamaha

Kasus Kerumunan Lingkaran Rizieq Shihab, Polisi Panggil Pemilik Tenda hingga Satpam Bandara

  Rabu, 02 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Ketua FPI Rizieq Shihab/ Front TV via Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Pemilik tenda, kenek tenda, dan sopir tenda dalam acara mantu Ketua FPI Rizieq Shihab, akan menjalani pemeriksaan di kepolisian hari ini, Rabu (2/12/2020). Ketiga orang tersebut akan berurusan dengan polisi lantaran kasus kerumunan yang ditimbulkan.

"Itu beberapa saksi yang rencananya dilakukan pemanggilan," ujarKaro Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, Rabu.

Mereka, kata Alwi, bakal diperiksa sekira pukul 10.00 WIB. Selain itu, Awi menyebut ada satu saksi lain yang juga dijadwalkan diperiksa oleh penyidik terkait kerumunan massa penjemputan Rizieq saat pulang dari Arab Saudi ke Indonesia 10 November lalu. Satu saksi tersebut, yakni Manager Security Bandara Soekarno-Hatta.

AYO BACA : Tak Penuhi Panggilan Polisi, Begini Alasan Kuasa Hukum Menantu Rizieq Shihab

Rizieq Mangkir Panggilan

Pada Selasa (1/12/2020) kemarin penyidik Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi. Ketiga saksi, yakni Rizieq, menantu Rizieq; Hanif Alatas, dan Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta berinisial Y.

Dari tiga saksi yang dijadwalkan diperiksa, hanya Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta yang hadir memenuhi panggilan penyidik. Sedangkan, dua saksi lainnya yakni Rizieq dan Hanif mengklaim berhalangan hadir dengan beragam alasan.

AYO BACA : Anies Positif Covid-19, 150 Petugas Damkar Semprot Disinfektan Balai Kota DKI

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar menjelaskan, alasan Rizieq tak bisa memenuhi penggilan penyidik, yakni lantaran masih dalam masa pemulihan. Mengingat, kata dia, pentolan FPI itu baru saja pulang pasca-dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor karena kelelahan.

"Beliau hadir diwakili oleh kita tim kuasa hukum menyampaikan alasannya tidak dapat memenuhi panggilan untuk pemeriksaan dimaksud, dengan alasan sedang masih beristirahat," kata Aziz di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Sedangkan, kuasa hukum Hanif, M Kamil Pasha berdalih kliennya tak bisa memenuhi panggilan penyidik lantaran ada acara lain yang tak bisa ditinggalkan. Terlebih, menurutnya surat panggilan penyidik terhadap Hanif baru diterima dua hari sebelum agenda pemeriksaan.

"Habib Hanif sudah ada jadwal saat dipanggil itu. Harusnya surat panggilan itu berdasarkan KUHAP H-3 ya paling tidak. Tapi ini dipanggil H-2 hari Minggu untuk ditentukan hari ini," dalihnya.

AYO BACA : Gubernur dan Wagub DKI Positif Covid-19, Balkot DKI Jadi Klaster Baru? Ini Kata Pakar FKMUI

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar