Yamaha

APBD Kabupaten Bogor Rp7,6 Triliun dalam Bayang Covid-19

  Rabu, 02 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan/ instagram

KABUPATEN BOGOR, AYOJAKARTA.COM -  Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengemukakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) daerah tersebut disepakati Rp7,6 triliun. Penetapan tersebut, menurutnya, masih dibayangi wabah Covid-19 di Bogor.

“Kami belum tahu tahun depan situasinya seperti apa, kenyataannya hari ini kita masih pandemi. Maka dalam draft APBD kami tahun 2021 ada penurunan dari target PAD. Tapi saya optimis 2021 ekonomi kita bisa bangkit,” ucapnya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/11/2020).

Sebagian besar anggaran, kata dia, untuk pemulihan ekonomi, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan juga penanganan penyebaran Covid-19. Ada pun, defisit anggaran Rp 880 miliar dengan asumsi tertutup dari sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (Silpa) APBD 2020 yang diperkirakan senilai Rp 930 miliar.

AYO BACA : Kasus Kerumunan Lingkaran Rizieq Shihab, Polisi Panggil Pemilik Tenda hingga Satpam Bandara

Pemkab juga mengalokasikan Rp 50 miliar dari Silpa APBD 2020 untuk penyertaan modal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.

Pada ABPD 2021, target pendapatan asli daerah (PAD) ditetapkan senilai Rp 2,7 triliun. Angka ini turun dari target PAD tahun sebelumnya Rp 2,9 triliun. Adapun, target pendapatan dari dana transfer ditetapkan Rp 4,4 triliun.

Dengan demikian, menurut Iwan, pendapatan terbesar masih bersumber dari transfer pusat ke daerah yang komposisinya mencapai 60 persen dari total target pendapatan.

Sementara komponen belanja daerah untuk belanja operasi dan modal sebesar Rp 6,3 triliun dan biaya tak terduga sebesar Rp 28 miliar, belanja tranfer Rp 1,2 triliun dan belanja bagi hasil senilai Rp 157 miliar.

AYO BACA : Pimpinan DKI Jakarta Positif Covid-19, Pembahasan APBD Tetap Berjalan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar