Yamaha

RW 05 Ciracas Kerap Terkena Banjir, Pemkot Jakarta Timur Berikan 2 Pompa Mobile

  Rabu, 02 Desember 2020   Aini Tartinia
Pompa mobile yang disiapkan untuk tangani banjir di Ciracas, Jakarta Timur/dok: timur.jakarta.go.id

CIRACAS, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menyiapkan dua unit pompa mobile untuk warga di RW 05, Kelurahan Rambutan, Ciracas. Hal itu untuk mengatasi banjir yang kerap melanda pemukiman tersebut hingga mencapai ketinggian 3 meter.

Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pihaknya terus berupaya mengatasi banjir yang terjadi di wilayahnya. Kali ini, dua pompa dari Sudin Sumber Daya Air (SDA) ditempatkan di RW 05 Kelurahan Rambutan untuk membantu penanganan banjir luapan Kali Cipinang.

"Pompa itu sendiri memiliki kapasitas menyedot air sebesar 50 liter per detik. Dengan adanya dua pompa mobile dapat mengatasi masalah banjir," kata Anwar, dilansir timur.jakarta.go.id, Sealsa (1/12/2020).

Anwar juga menjelaskan, nantinya saat air Kali Cipinang yang melintasi permukiman warga RW 05 meluap, kedua pompa dikerahkan untuk menyedot debit air sehingga banjir lebih cepat surut. Dengan begitu, genangan yang terjadi di pemukiman warga bisa ditangani dengan cepat.

AYO BACA : Memasuki Musim Banjir, RW 015 Penjaringan Gelar Simulasi RW Tangguh Bencana

"Hal ini agar tak ada pemukiman warga yang tergenang cukup lama karena langsung ditindaklanjuti," ujarnya.

Sementara itu, Camat Ciracas Mamad menuturkan, disiapkannya dua pompa di lokasi itu karena memang kerap tergenang. Pasalnya, RW 05 memiliki kontur permukiman yang rendah sehingga dampak luapan Kali Cipinang dirasakan warga lebih buruk.

"Kalau tergenang bisa mencapai 2,5 meter hingga 3 meter, dan itu melanda empat RT di RW 05 yang terdampak banjir," ungkapnya.

Meski kedua pompa air tersebut ditempatkan di RT 10 dan RW 05, pengoperasian yang dilakukan Sudin SDA Jakarta Timur bersifat situasional. Pasalnya, pompa yang disiapkan dapat dikerahkan ke lokasi lain bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Jadi, kalau banjir di RW 05 sudah mulai surut nanti bisa dipindahkan ke wilayah lain yang juga kebanjiran," pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar